Minggu , Mei 16 2021
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / Jalur Mudik di Pesawaran Diperketat, Ini Sanksinya

Jalur Mudik di Pesawaran Diperketat, Ini Sanksinya

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Puluhan Personil Gabungan melakukan pemeriksaan dan pengawasan rutin terhadap kendaraan berplat BE dari luar Lampung, sejak diberlakukannya larangan mudik Lebaran 2021.

Setidaknya sebanyak 3 Posko check point pemeriksaan berlaku 6-17 Mei 2021 di Kabupaten Pesawaran, satu diantaranya di Posko Sreening Covid-19 Rumah Makan Koboi, Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Teluk Pandan.

” Kita lakukan pengawasan rutin sejak diberlakukannya penyekatan mudik lebaran oleh pemerintah, sesuai Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 H dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 H,” ucap Bripka Fauzan Rakamigo, mewakili Aipda Ahmadiyansah bersama tim gabungan TNI AL (Koprs Marinir), TNI AD (Koramil PC 0421), SatPol PP, BPBND, Dishub, Dinkes dan satgas covid-19, Selasa (04/05/2021).

BACA JUGA:  Ini Camilan Perekat TNI dan Warga di Lokasi TMMD

Untuk itu sambung Migo mengimbau
para warga yang ingin melakukan perjalanan mudik. Tolong untuk tahun ini (2021,red) ditunda dulu demi terhindar wabah covid-19. Ikuti instruksi pemerintah.

” Terapkan protokol kesehatan yang selalu kita himbau itu, dan tentunya rutin dilaksanakan, mungkin pemudik sudah curi start menghindari pemeriksaan petugas yang terlihat belum nampak adanya lonjakan pemudik H-7 lebaran 2021 ini,” jelas Bripka Migo sapaan akrabnya.

BACA JUGA:  Bupati Tuba Hj. Winarti, SE MH Hadiri Kenal Pamit Kapolres Tulang Bawang

Lebih dari itu Bripka Migo mengungkapkan, tentunya hal tersebut nampaknya diketahui sebagian besar para supir travel yang mengangkut pemudik ke jalur wilayah pesisir ini, makanya para supir merubah jadwal keberangkatan dini hari.

” Ya. pemeriksaan check point rutin digelar setiap pagi dan sore, tetapi hal itu juga kami gelar pada malam hari hingga subuh mulai rutin tanggal 6-17 Mei 2021 untuk menyekat pemudik dari luar Lampung, karena itu belum ditemukan tanda-tanda lonjakan pemudik masuk ke jalur ini,” ungkapnya.

Meski demikian, ujar Bripka Migo, kedepan apabila ditemukan pemudik tidak membawa persyaratan yang seharusnya dibawa dan akan diambil tindakan untuk dibalikan ke daerahnya masing-masing, apabila tak membawa persyaratan sesuai surat edaran satgas penanganan covid-29 tersebut.

BACA JUGA:  Sertu Agus Nuri Gandeng Perangkat Desa Kedungsalam Tingkatkan Partisipasi Warga Dalam Kegiatan TMMD 106

” Setidaknya syarat Hasil Rapid Test Anti Gen Reaktif, Identitas diri Berupa E-KTP, Surat Perjalanan Dinas ditandatangani oleh Kepala Desa/Lurah,” katanya.

Begitu juga tambah Bripka Migo, bagi kendaraan yang tidak dapat menunjukkan berkas persyaratan sesuai ketentuan maka diarahkan untuk kembali ke daerah asal.

” Hal itu juga bertujuan demi terwujudnya situasi dan kondisi trantibum (ketenteraman dan ketertiban umum) yang aman, kondusif dan terkendali,” tutupnya. (Wahyudin).

About admin

Check Also

H+3 Lebaran, Walikota Pimpin Operasi Yustisi Di Kota Metro

LAMPUNG1.COM, Pemerintah Kota Metro, menggelar Operasi Yustisi, di kawasan-kawasan yang biasa digunakan warga masyarakat untuk …