Kamis , Juli 29 2021
Home / Kesehatan / Pasca Warga Terpapar Covid-19, 10 Desa Siap Bergerak hingga ke RT

Pasca Warga Terpapar Covid-19, 10 Desa Siap Bergerak hingga ke RT

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Perkembangan trend status penyebaran covid-19 di Kabupaten Pesawaran. Satu diantaranya di Kecamatan Teluk Pandan, sempat mengalami penurunan status zona hijau ke zona kuning hingga menjadi sebuah peringatan pada status zona orange, Jum’ at (28/05/2021) setelah 4 Desa (Desa Hurun, Sukajaya Lempasing, Batumenyan dan Hanura) terdapat penambahan pasien positif covid-19.

Satu diantaranya Kepala Desa Hanura, Rio Remota memastikan pihaknya bersama satgas penanganan covid-19 Desa siap melakukan gerakan upaya pencegahan dan pendeteksian terhadap warga hingga ke tingkat RT.

” Selain, himbauan, penyemprotan disinfektan, juga melakukan pemantauan dan bantuan tetap kita berikan kepada keluarga terpapar covid-19,” ujar Kades Hanura, yang merupakan desa sentral dan berkembang sebagai pusat perekonomian di Kecamatan Teluk Pandan.

BACA JUGA:  Dinilai Ada Yang Istimewa di TMMD Tambakselo

Tidak itu saja, sambung Rio, untuk penanganan warga terpapar covid-19 ataupun pasien covid-19 pertama tindakan yang dilakukan adalah pemberian lebeling rumah pasien covid itu sendiri.

” Pasien tersebut juga diminta untuk melakukan isolasi mandiri, dan lingkungan saling memberi spot dan narasi cara menangani covid-19 dengan berkoordinasi Kepala UPTD Puskesmas Hanura, maupun Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa,” jelas Rio Remota.

Selanjutnya, tambah Kades, pemantauan tetap dilakukan namun untuk titik keramaian di Desa Hanura diberlakukan pembatasan kegiatan warga Desa Hanura. Mengingat kondisi saat ini penting agar tidak terjadi lonjakan penambahan sehingga status menjadi hijau.

BACA JUGA:  PKL pasar inpres pendopo dapat tempat relokasi yang lebih layak di pasar baru talang kerangan

” Ya, sementara ini memang akan saya berlakukan pembatasan kegiatan, bilamana tidak mengikuti aturan. Ya kita tindak tegas,” singkatnya usai menghadiri rapat bersama Camat Teluk Pandan, Zulkifli, Kapolsek Padang Cermin, AKP. Darwin, SH, Kanit Intelkam Aiptu Mastam, Bhabinkamtibmas Kecamatan Teluk Pandan, yakni Bripka Penizela, Briptu Obi. M. Fadli, Briptu Riky Wahyu.

Rakor tersebut, turut hadir Danramil 0421/05 Padang Cermin diwakili Babinsa Sertu Maradhona, Sekcam Teluk Pandan Hadi Jaya Kusuma, dan 9 Kades se-Kecamatan Teluk Pandan, yakni Kades Sukajaya Lempasing, A. Zaenuri, S.Pd., M.Pd., Kades Tanjung Agung, Abdul Wasi, Kades Sidodadi, Tunggal, Sekdes Desa Gebang, Jauhari, Sekdes Cilimus, Taufik, Eko dari Kaur Desa Batumenyan, Surveilance Puskesmas Hanura, Rusdi, dan 4 Penjabat sementara Kades (Cilimus, Talangmulya, Munca, dan Batumenyan). (Wahyudin)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

BPNT di Kecamatan Padang Ratu Diduga Dimonopoli

LAMPUNG1.COM, Lampung Tengah – Pencairan bantuan pangan non tunai (BPNT) bagi warga kurang mampu di …