Kamis , Juli 29 2021
Home / Peristiwa / Pilkakam Way Kanan, Berselimut Pandemi

Pilkakam Way Kanan, Berselimut Pandemi

LAMPUNG1.COM,  Way Kanan — Pagi ini 27 Mei 2021, Kabupaten yang kami cintai melaksanakan Pemilihan Kepala Kampung secara serentak periode I gelombang III di Kabupaten Way Kanan yang sebelum nya sempat tertunda pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19 yang melanda seluruh Negeri yang ada di bumi ini. Sebanyak 85 Kampung di 15 Kecamatan pemilihan kepala kampung tersebut Bak diselimuti pandemi, bagaimana tidak pelaksanaan Akbar tersebut yang seharus nya menjadi Pesta Demokrasi harus dibatasi bebagai aturan guna menekan penyebaran Corona Virus Disease 2019.

Akibat dari pandemi Covid-19 sebanyak 85 kampung pemerintahan nya dijalankan oleh pejabat kepala kampung dari golongan PNS guna menjalakan roda pemerintahan kampung hampir setahun lama nya, Namun mau tidak mau pelaksanaan pemilihan kepala kampung ini harus tetap dilaksanakan di masa pandemi ini, Guna memimpin kampung enam tahun kedepan. berdasarkan keterangan orang nomor satu dikabupaten Way Kanan H. Raden Adipati Surya Terlaksananya Pemilihan Kepala Kampung di Kabupaten Way Kanan pada hari ini tidak terlepas dukungan dari Dirjen PMD Kementerian Dalam Negeri, yang telah menerbitkan Permendagri Nomor 72 tahun 2020, maka adanya beberapa perbedaan Pemilihan Kepala Kampung tahun 2021 ini karena dilaksanakan di masa Pandemi. Pemerintah Kabupaten segera melaksanakan perubahan Peraturan Bupati menyesuaikan dengan Peraturan Menteri tersebut, mulai dari setiap TPS maksimal hanya diperbolehkan 500 DPT/Pemilih, menyiapkan Protokol Kesehatan pada setiap TPS dan pelaksanaan pemungutan suara sampai pukul 12.00 WIB. Hal tersebut disampaikan Adipati pada saat Mengikuti Video Converence Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Kampung Gelombang ke III tahun 2021.

BACA JUGA:  Tiga Pelaku Penipuan Ditangkap

Pengaturan dimaksud untuk tetap menjalankan pesta demokrasi pada tingkat Kampung agar diperoleh Pemimpin yang diharapkan Masyarakat dengan tetap menjaga Kesehatan Masyarakat serta tidak memperluas penyebaran Covid-19. Selain, bimbingan dari Pemerintah Provinsi Lampung, DPRD Kabupaten Way Kanan, Polres Way Kanan, Kodim 0427 Way Kanan, Kejari Way Kanan dan semua pihak untuk dapat terlaksananya pemungutan suara pada hari ini.

Sehari sebelum nya aku dan istriku mendapatkan surat Cinta dari panitia pemilihan kepala kampung, Kampung Tiuh Balak tempat keluarga kecilku berdomisili, Pagi ini dengan ditemani secangkir teh hangat kuku, Aku duduk diteras depan rumah sambil memandangi hilir mudik orang-orang yang keluar masuk di TPS 04 tempat pemungutan suara, Untuk diketahui bahwa pemilihan kepala kampung ini dilaksanakan secara langsung.

BACA JUGA:  Pengeramikan Dimulai, Mian Ikut Serta Pasang

Dengan bermodalkan surat undangan dan masker bergegaslah kami menuju TPS 04 tempat kami memberikan Hak suara, sesampai nya di TPS memang benar Protokol kesehatan dilaksanakan dengan benar seperti hal nya memakai masker, tempat duduk dengan menjaga jarak ,ada tempat ,mencuci, menyiapkan handsanitizer ya panitia pilkakam sudah melaksanakan aturan yang benar.

Namun ada hal yang berbeda terjadi di luar posko tampak orang-orang berkerumun dan berkelompok dengan wajah-wajah tegang, Hmm.. dalam hatiku “Pasti kerumunan tersebut tim sukses dari semua calon, hingga nya lalai dalam menjaga jarak” Gumam ku. Selesai memberikan hak suara aku dan istri lekas kembali pulang kerumah agar tidak menambah kerumunan yang pasti nya situasi lagi hangat dan aku enggan ikut berghibah dalam kondisi saat ini salah bicara akan jadi masalah apalagi nanti ketemu kelompok yang kalah. ( Aszhari)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

BPNT di Kecamatan Padang Ratu Diduga Dimonopoli

LAMPUNG1.COM, Lampung Tengah – Pencairan bantuan pangan non tunai (BPNT) bagi warga kurang mampu di …