Minggu , Agustus 1 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Barat / Sumarlin..!! Gandeng Pihak Swasta Solusi Cerdas Saat Harga Kopi Tidak Setabil

Sumarlin..!! Gandeng Pihak Swasta Solusi Cerdas Saat Harga Kopi Tidak Setabil

LAMPUNG1.COM, Lampung Barat – Solusi ketika harga kopi tidak setabil maka, Tumpangsari tanaman juga menawarkan peluang untuk meningkatkan dan mendongkrak petani tahunan seperti kopi.Sabtu (01/05/2021)

program seperti ini sangat baik dan Tepat sebagai Solusi terbaik untuk para petani kopi, Karena dengan menggandeng para pihak-pihak swasta penghasilan keuangan para petani pada saat peceklik bisa teratasi. Meskipun sampai saat ini pemerintah juga belum mendapat solusi yang tepat untuk mengatasi harga kopi yang tidak menentu dari tahun ke tahun.

BACA JUGA:  Mabes Polri Ajak JMSI Susun Rencana Program Literasi Untuk Cegah Tindak Pidana Siber

Dengan petani melakukan tumpang sari cabai rawit, Kopi berfungsi sebagai naungan sehingga cabai tidak langsung terpapar matahari dan membantu mengatasi dampak kekeringan dan tahan terhadap penyakit. Selain itu, keuntungan lain yang diperoleh adalah petani dapat memperoleh hasil dari dua komoditas sekaligus. Dengan mengaplikasikan pupuk yang rutin pada tanaman cabai nya maka dapat memupuk kopi nya juga, sehingga hasil nya bisa maksimal.

BACA JUGA:  Gandeng PMI Bojonegoro, Satgas TMMD Kodim Bojonegoro Semprot Disinfektan

Satu hamparan bisa dapat dua atau tiga komoditas sekaligus. Jadi petani dapat penghasilan terus tidak berhenti perminghunya selain hasil tahunan, Dengan pola tanam ini selain pemanfaatan secara maksimal. Tanaman cabai relatif lebih terlindungi dari hama. Selain itu petani dapat memanen 2 atau 3 komoditas sekaligus. Apabila satu komoditas menurun produktivitasnya, tertutupi dengan hasil panen komoditas lainnya.(Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Pastikan Ketersedian Beras, Nanang Ermanto Cek Gudang Bulog di Sragi

LAMPUNG1.COM, Lamsel – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto bersama sejumlah pejabat terkait melakukan pengecekan beras …