Sabtu , Juli 24 2021
Home / Ruwa Jurai / Kota Metro / BAPAS & Dinas Sosial Bangun Sinergitas Dalam Penanganan Perkara Anak Di Kota Metro

BAPAS & Dinas Sosial Bangun Sinergitas Dalam Penanganan Perkara Anak Di Kota Metro

LAMPUNG1.COM, Balai Pemasyarakatan (BAPAS) dan Dinas Sosial, berkomitmen untuk saling bersinergi, dalam penanganan hukum yang melibatkan anak, di wilayah Kota Metro.

Komitmen tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial dan jajaran terkaitnya, saat melakukan kunjungan kerja di Kantor Balai Pemasyarakatan Kota Metro, pada Jumat (18/6).

Kepala BAPAS Kota Metro, Sukir SH MH, menjelaskan bahwa peran Pemerintah melalui Dinas Sosial, dan Stakeholder terkait, dinilai cukup penting dalam rangka mengoptimalisasi mekanisme tehnis dalam hal penanganan perkara anak, yang terlibat dalam persoalan hukum atau tindak pidana.

BACA JUGA:  Anggota Satuan Tugas TMMD Bojonegoro Selalu Patuhi Protokol Kesehatan Saat Melakukan Aktivitas

Mekanisme penanganan kasus hukum terhadap anak, didasari pada Undang-Undang No 11 Tahun 2012, tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA), yang bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap anak, yang berhadapan dengan hukum (ABH), sejak proses awal penanganannya.

Pihaknya menambahkan bahwa Perlindungan terhadap anak yang berhadapan dengan hukum, wajib dilakukan terhadap Anak Pelaku, Anak Korban, dan Anak saksi, bahkan proses penanganannya harus dibedakan dari orang dewasa, mulai penyelidikan, penyidikan maupun saat litigasi.

BACA JUGA:  Wujud Kepedulian Pada Pendidikan, Satgas TMMD ke-106 Bantu Rehab TPA

“Setiap proses hukum terhadap anak, wajib didampingi oleh pendamping, dengan menekankan diversi, yaitu aspek non litigasi dalam menyelesaikan perkara.
Kemudian pada proses diversi, penyelesaian kasus diupayakan sebisa mungkin dilakukan luar peradilan,” jelasnya. (Eko Arif)

Baca Artikel Menarik di LV

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Sasar Tempat Kerumunan, Polres Pesawaran Gelar Patroli Skala Besar

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Patroli Skala Besar digelar serentak dilaksanakan di seluruh jajaran Polda dan Polres seluruh Indonesia, …