Kamis , Juli 29 2021
Home / Peristiwa / Mance : Menjadi Bupati Itu Harus Bisa Menangkap Apa Maunya Rakyat

Mance : Menjadi Bupati Itu Harus Bisa Menangkap Apa Maunya Rakyat

LAMPUNG1.COM,┬áTulang Bawang – Taman Indonesia Indah Menggala (TIIM) yang disebut juga destinasi wisata cakat raya mempunyai potensi dan lokasi strategis bila mana dapat dirawat serta dikembangkan menjadi wisata budaya kearifan lokal dengan panorama yang indah. Senin(7-6-2021)

Seperti halnya yang digagas oleh salah satu putra asli daerah yang juga sebagai mantan Bupati Tulangbawang dua periode Abdurrahman Sarbini.

Menurutnya Kabupaten Tulangbawang saat ini sudah cukup tertinggal jauh dalam hal pembangunan wisata dibandingkan dengan Kabupaten tetangga, padahal tidak lebih-lebih Kabupaten tetangga hanya membangun patung, tugu dan kolam. Namun sukses menarik minat masyarakat untuk berwisata disana.

BACA JUGA:  Bupati Tubaba Menerima Opini WTP Dari Kementrian Keuangan RI Yang Ke 8 Kalinya

“Kabupaten Tulangbawang memiliki potensi wisata yang lebih menarik dari Kabupaten tetangga yang dapat menarik minat masyarakat se- Lampung dan luar Lampung jika semua itu dapat dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah,”ungkap Mance dengan tegas.

Namun, Sangat disayangkan destinasi yang sudah dirancang sedemikian rupa di era nya itu kini kian tidak terawat sampai terlihat dengan dua bangunan yang sudah roboh.

Masih kata Mance, padahal dulu awal mulanya TIIM berdirinya berkonsep 10 rumah adat yang rencananya masing-masing memiliki jadwal kegiatan seni setiap harinya serta sudah ada Perda dan Perbupnya.

“Dulu kita sudah persiapkan daerah tersebut menjadi daerah seni, seperti dijadwalkan dalam setiap minggunya, contohnya Malam Sabtu diperuntukkan dalam kegiatan masyarakat adat Bali, malam Minggu untuk belajar tari Jawa dan gamelan, dan di malam Selasa kegiatan di rumah adat Lampung untuk belajar tari bedana dan adat Lampung lainnya,”jelas mantan Bupati dua periode tersebut.

BACA JUGA:  Demi Kenyamanan dan Keamanan Masyarakat, Pada TMMD Tahun Ini Dilaksanakan Program Renovasi Pos Kamling

Selain itu,dirinya juga mempertanyakan kepada pemerintah daerah saat ini dana perawatan untuk merawat bangunan-bangunan yang sudah ada.
Termasuk DAK 2019 yang diperuntukkan untuk pengembangan destinasi wisata cakat raya yang menghabiskan anggaran sekitar 1,7 Milyar.

“Saya sangat kecewa dengan kepemimpinan Bupati Winarti yang mana saya rasa tidak amanah menjadi pimpinan. Karena menjadi seorang Bupati itu pemegang pimpinan di wilayah dia harus bisa menangkap apa maunya rakyat bukan menangkap apa yang dirinya mau,”tutur Mance

BACA JUGA:  Ini Janji Arinal Djunaidi Untuk Kota Metro dan Sekitarnya

“Kok ada ruko aneh, gk pas ruko disitu. Keliru Bupatinya karena itu tempat objek wisata, fatal itu karena telah diluar dari konsep wisata,”cetusnya

Seperti diketahui destinasi wisata cakat raya pada tahun 2019 telah menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai 1,7 Milyar yang kelola oleh dinas Pariwisata Kabupaten Tulangbawang yang diperuntukkan dalam pembangunan ruko, jalan setapak, toilet dan sumur bor.(mad)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

BPNT di Kecamatan Padang Ratu Diduga Dimonopoli

LAMPUNG1.COM, Lampung Tengah – Pencairan bantuan pangan non tunai (BPNT) bagi warga kurang mampu di …