Kamis , Juli 29 2021
Home / Pariwisata & Budaya / Terkait Pemberitaan Destinasi Wisata Cakat Raya, Ini Jawaban Pemkab Tuba

Terkait Pemberitaan Destinasi Wisata Cakat Raya, Ini Jawaban Pemkab Tuba

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang (Tuba) mengarahkan kawasan wisata di Cakat Raya, Kampung Menggala, Kecamatan Menggala Timur menjadi kawasan wisata etnik, terintegrasi dan artistik. Senin (7-6-2021)

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Dicky Soerachman, menjelaskan bahwa Konsep pembangunan area Cakat Raya, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulangbawang diarahkan untuk menjadi kawasan wisata etnik terintegrasi dan artistik.

“Mengenai pembangunan ruko yang ada dikawasan tersebut, diarahkan untuk umum berjualan cinderamata atau produk lokal sebanyak satu unit terdiri dari empat pintu dan tidak merubah fungsi kawasan tersebut tetap kawasan wisata terintrgrasi,” terang Dicky sapaan akrab Kepala Bappeda.

BACA JUGA:  TNI Ahli Bangunan Terus Awasi Pengecoran Jalan TMMD

Lanjut Dicky, dana tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat Tahun 2019 berikut jalan setapak, toilet dan sumur bor.

“Mengenai perencanaannya, memang dari Pemerintah pusat, artinya menu kegiatannya telah ditentukan oleh Pemerintah Pusat. Dinas Pariwisata Kabupaten Tulangbawang sudah mengusulkan untuk didahulukan fasilitas lain seperti taman, gazebo dan fasilitas penunjang lainnya tapi pemerintah pusat tetap menentukan kios cinderamata untuk dibangun terlebih dahulu,” ucap Dicky.

BACA JUGA:  KPU Tanggamus Nilai Tidak Logis Jika Kakon Tidak Tau Aturan Perusakan APK

Lebih lanjut Dicky menuturkan, sebaiknya penjelasan yang diinginkan tentang rancangan pembangunan hendaknya dimintakan keterangan kepada kami pihak Bappeda yang bertanggungjawab mengkoordinasikan dokumen perencanaan.

“Agar Secara jelas, teknokratis, filosofis, alur proses dan pembiayaannya serta tidak membangun persepsi yang tidak sesuai kaidah keilmuan perencanaan dan penganggaran ujar,“ Dicky Soerachman. (Mad)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

BPNT di Kecamatan Padang Ratu Diduga Dimonopoli

LAMPUNG1.COM, Lampung Tengah – Pencairan bantuan pangan non tunai (BPNT) bagi warga kurang mampu di …