Senin , September 20 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Utara / Azwar : “Uji Publik II KLHS Mampu Mendongkrak Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dan Kemakmuran Daerah“

Azwar : “Uji Publik II KLHS Mampu Mendongkrak Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dan Kemakmuran Daerah“

LAMPUNG1.COM, Lampung Utara –  Pemerintah Lampung Utara gelar kegiatan uji publik II, dalam rangka penyusunan Kajian Lingkungan Strategis (KLHS), Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lampung Utara Tahun 2019 – 2024, yang diselenggarakan secara virtual oleh Dinas Lingkungan Hidup Lampung Utara bertempat diruang rapat kantor BAPPEDA Lampung Utara. Jumat (30/7/21).

Acara berlangsung secara virtual dengan peserta terdiri dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tingkat Kabupaten, Tingkat Kecamatan dan Instansi vertikal yang ada di Kabupaten Lampung Utara.

Sedangkan secara langsung dihadiri oleh pihak-pihak akadimisi dari perguruan tinggi di Lampung Utara, organisasi sosial masyarakat seperti Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, Organisasi Kepemudaan, tokoh-tokoh masyarakat dan lain-lain. Tujuan dari kegiayan ini untuk memastikan bahwa Kebijakan, Rencana dan Program (KRP) Pembangunan Kabupaten Lampung Utara, yang dihasilkan serta tertuang dalam dokumen Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (P-RPJMD) Kabupaten Lampung Utara Tahun 2019 – 2024, memiliki nilai keselarasan dan tidak bertentangan dengan prinsif – prinsif pembangunan berkelajutan.

“ Acara ini merupakan salah satu media, untuk lebih menjamin dan memastikan, bahwa prinsif – prinsif pembangunan berkelanjutan, secara fundamental telah melandasi dan terintegrasi, dalam konsepsi penyelenggaran pembangunan Kabupaten Lampung Utara, untuk beberapa tahun kedepan, yang tercermin pada rumusan kebijakan, rencana maupun program (KRP), yang tertuang secara tertulis, dalam Perubahan Dokumen Pembangunan Lima Tahunan atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (P – RPJMD) Kabupaten Lampung Utara Tahun 2019 – 2024. “ Tegas Azwar Yazid mewakili Bupati Lampung Utara H. Budi Utome, SE. Usai membuka pergelaran acara uji publik II KLHS tersebut.

BACA JUGA:  Ini Pesan Bupati Agung Kepada PWI Lampura

Sementara itu, dalam Sambutan Bupati yang disampaikan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Azwar Yazid, Mengingatkan kepada semua peserta, baik yang hadir secara langsung maupun secara virtual, bahwa kepesertaan saudara – saudara pada acara uji publik II KLHS ini, pada hakekatnya merupakan bentuk nyata, dari rasa ikut memiliki dan tanggung jawab, dalam mewujudkan tujuan pembangunan Lampung utara, melalui komitmen dan kesapakatan bersama, terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), yang menjadi prioritas dalam mewarnai, program dan kegiatan pembangunan Lampung Utara di masa-masa yang akan datang.

BACA JUGA:  Bapenda Tuba Bahas Aplikasi Pembayaran Pajak Non Tunai Bersama Vendor PT. Cartenz Technology

Selain itu, adin Azwar (Sapaan akrab) yang juga mantan Kadis PUPR, Mantan Kepala Bappeda, Mantan Sekwan ini berharap agar kirannya, Kajian Lingkungan Strategis yang dihasilkan ini, benar-benar merupakan kajian terhadap situasi serta kondisi internal dan eksternal Kabupaten Lampung Utara, baik yang bersifat statis ( TRIGATRA ) maupun yang bersifat dinamis ( PANCAGATRA ), yang akan mempengaruhi secara signifikan, terhadap kualitas capaian tujuan pembangunan daerah Kabupaten Lampung Utara.

“ Saya berharap butir –butir hasil Kajian Lingkungan Strategis ini, dilakukan dengan pendekatan multidisipliner, terhadap situasi dan kondisi internal dan eksternal daerah Lampung Utara terkini, baik yang bersifat statis atau TRIGATRA yaitu posisi dan kondisi geografis daerah, keadaan dan kekayaan alam Serta keadaan dan kemampuan penduduk, maupun yang bersifat dinamis atau PANCAGATRA yaitu aspek sosial kemasyarakatan terdiri dari Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Dan Budaya Serta Petahanan Dan Keamanan “. Harap adin Azwar.

Sedangkan menurut salah peserta yang mewakili keluarga besar Nahdatul Ulama, Anom Sauni, dalam kapasitas sebagai Ketua Dewan Kehormatan IKA PMII berharap, kiranya hasil Kajian Lingkunan Strategis (KLHS), untuk perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Kabupaten Lampung Utara Tahun 2019 – 2024, dapat melahirkan sebuah Kebijakan, Rencana Dan Program (KRP) Pembangunan Lampung Utara, serta mampu dijabarkan lebih lanjut, dalam bentuk rumusan kegaiatan pembangunan, pada Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah atau Renstra – SKPD, yang memiliki kapasitas meningkatkan keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif terhadap para pelaku usaha industri kecil dan mikro yang terdapat dilampung utara.

BACA JUGA:  Semoga Pembangunan Lapangan Volly Bermanfaat Bagi Warga Kelurahan Garuntang

“ Saya berharap kiranya, dengan merujuk hasil Uji Publik II Kajian Lingkungan Strategis kali ini, masing-masing Satuan kerja Perangkat Daerah Teknis, dapat melahirkan dan merumuskan kegiatan – kegiatan pembangunan atau sentuhan – sentuhan teknis di sektor perekonomian, berupa dukungan terhadap peningkatan, keunggulan komperatif dan keunggulan kompetitif, para pelaku usaha kecil dan mikro Lampung utara, sehingga memiliki kapasitas untuk berkompetisi ditingkat regional, nasional dan internasional “. Harap Anom.( Zani/Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Ketua PWI Tulangbawang Beri Doorprize Bagi Pemerintah Kampung Yang Mengikuti Pelatihan Jurnalistik

LAMPUNG1.COM,MENGGALA–Ketua PWI Kabupaten Tulang Bawang, Abdul Rohman, memberikan doorprize kepada peserta pelatihan jurnalistik bagi pemerintahan …