Kamis , Juli 29 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Barat / Begini Pembelajaran PKK Produk Kreatif dan Kewirausahaan Selama Masa Pandemi COVID-19 di SMK NEGERI 1 SUOH

Begini Pembelajaran PKK Produk Kreatif dan Kewirausahaan Selama Masa Pandemi COVID-19 di SMK NEGERI 1 SUOH

LAMPUNG1.COM, Lampung Barat – Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, tujuan pembelajaran dan hakikat kemanusiaan. Jika selama ini manusia-manusia dipaksa hidup dalam situasi serba cepat, pekerjaan tanpa henti, dan kejaran target pertumbuhan ekonomi dalam sistem kompetisi, Sabtu (17/07/2021)

Sutrisno S.Kom Menyampaikan, Konsentrasi pada aspek pendidikan, yang esensial untuk didiskusikan. Aspek pendidikan menjadi konsentrasi ,Penyebaran virus Corona yang masih aktif , Memaksa kita untuk melihat kenyataan bahwa dunia sedang berubah. Kita bisa melihat bagaimana perubahan-perubahan di bidang teknologi, ekonomi, hingga pendidikan di tengah krisis akibat Covid-19. Perubahan itu mengharuskan kita untuk bersiap diri, merespon dengan sikap dan tindakan sekaligus selalu belajar hal-hal baru.

Ada nya pademi memaksa kami sebagai guru untuk dapat tetap menjalankan tugas dari jarak jauh. Pada pembelajaran pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan ini saya menggunakan beberapa aplikasi untuk dapat mencapai ketuntasan nilai peserta didik walaupun secara jarak jauh.

BACA JUGA:  Prada Guntur Memotivasi Anak-anak Samalore

Google Classroom memungkinkan guru untuk membuat kelas online, tempat mereka mengelola semua dokumen yang dibutuhkan siswa. Dokumen disimpan di Google Drive dan dapat diedit di aplikasi Drive, seperti Google Docs, dan Sheets.

Yang membedakan Classroom dari Google Drive biasa adalah tampilan antarmuka yang terbagi menjadi dua mode, yakni mode guru dan siswa. Fitur-fitur Classroom Membuat tugas Guru bisa membuat tugas atau pekerjaan rumah untuk siswa. Saat membuat tugas, guru dapat mengunggah dokumen/file yang diperlukan untuk dibaca atau dikerjakan siswa.

Siswa akan menerima pemberitahuan email tentang tugas baru. Kemudian, siswa “menyerahkan” tugas setelah selesai, dan guru dapat menilai tugas yang telah dikumpulkan tersebut. Membuat pengumuman Guru bisa membuat pengumuman cepat untuk seluruh kelas. Pengumuman akan dikirimkan melalui email ke semua siswa Anda di kelas. Menyimpan materi pelajaran Selain tugas, guru juga bisa menyimpan dokumen lain yang diperlukan untuk siswa di Google Drive, misalnya materi pelajaran, e-book, file presentasi. Siswa bisa berinteraksi Siswa bisa saling mengomentari tugas dan pengumuman, serta mengirim e-mail satu sama lain melalui tampilan antarmuka Classroom. Cara menggunakan Classroom Seperti aplikasi Google lainnya, Classroom juga memerlukan akun Google untuk menggunakannya. Namun, tidak sembarang akun Google bisa menggunakannya.

BACA JUGA:  Pramuka Kwartir Cabang Pesawaran Lakukan Aksi Sosial

Forum tanya jawab pada WA grup kelas yang telah ada. Sedangkan untuk penugasan pada materi tertentu baik berupa latihan soal, membuat ringkasan materi maupun membuat laporan praktikum akan dikirimkan oleh peserta didik lewat WA, email maupun melalui aplikasi Google Classroom.

Pembelajaran daring menggunakan WA juga bersifat efektif. Dilihat dari tingkat respon peserta didik memberi tanggapan dalam waktu yang tidak terlalu lama dan dari tanggapan peserta didik ketika mengerjakan dan mengumpulkan tugas. Sebagian besar sesuai dengan waktu yang ditentukan. Hanya saja kelemahannya jika banyak tugas peserta didik yang dikirimkan lewat aplikasi WA maka menyebabkan memori yang ada di HP cepat penuh. Akibatnya HP lambat bekerja. Maka, penulis memberi alternatif pada peserta didik untuk mengumpulkan tugasnya melalui email atau aplikasi Google Classroom. (Agus Salim)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Dikepimpinan Dendi Ramadhona, Pesawaran Raih Penghargaan KLA 2021

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Kabupaten Pesawaran meraih Penghargaan KLA 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen …