Senin , September 20 2021
Home / Kesehatan / Jemaat Gereja Katolik Keluarga Kudus Baradatu Waykanan Ikuti Vaksinasi Covid 19

Jemaat Gereja Katolik Keluarga Kudus Baradatu Waykanan Ikuti Vaksinasi Covid 19

LAMPUNG1.COM, Waykanan – Dalam rangka mempercepat tercapainya Herd Immunity agar tercapainya bangsa Indonesia bebas dari Covid-19, Pemerintah melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 didaerah, vaksin ini bermanfaat untuk memberi perlindungan agar tidak terpapar COVID-19, selain vaksinasi Covid-19 juga penerapan perilaku 5M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas) adalah kunci dari perlindungan yang dapat kita lakukan agar terhindar dari virus Corona ini.

Masih banyak nya warga ataupun masyarakat takut divaksin, salah satu nya adalah kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI), KIPI menjadi alasan bagi masyarakat awam takut untuk disuntik vaksin,Warga masih ragu untuk melakukan vaksin Covid-19 karena alasan medis, akibat informasi yang menyebar dan viral di media sosial meninggal pasca imunisasi Covid-19. Padahal sudah jelas pemerintah telah memebrikan sosialisasi bahwa Vaksin Covid-19 aman dan halal sebab pemberian vaksin Covid-19 merupakan langkah besar yang dapat menjadi cara untuk memutus mata rantai penularan virus Corona. Jadi, kita perlu mendukung kelancaran program ini demi tercapai nya bebas covid-19 untuk seluruh masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:  Masyarakat Sasaran Program, Bangga Adanya TMMD 110 Bojonegoro

Maka oleh sebab itu pemerintah daerah kabupaten Way Kanan melakukan vaksinasi secara berkala terhadap masyarakat nya, Pada hari ini 23 Agustus 2021 Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di Gereja Katolik Keluarga Kudus Kelurahan Tiuh Balak Pasar Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung. Dalam vaksinasi tahap pertama ini diikuti 320 peserta Vaksin dari jema’at Gereja Keluarga Kudus serta 15 relawan dari pihak gereja dibawah pengawasan tenaga kesehatan dari UPT Puskesmas Baradatu dan Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan.

Vaksinasi Covid-19 di Gereja Keluarga Kudus pada hari ini berjalan dengan aman dan lancar, Serta tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat, Dapat dilihat dari sistem antrian peserta yang akan divaksin dibagi menjadi pergelombang guna mencegah terjadi nya kerumunan, Panitia juga menyediakan tempat cuci tangan dan sabun,Sebelum peserta divaksin pihak panitia mengecek suhu tubuh peserta guna mengantisipasi jika ada peserta yang terpapar virus corona agar tidak menulari kepeserta lain nya.

BACA JUGA:  Petugas Gabungan Rapid Test Pengunjung Kafe dan Tempat Hiburan di Pringsewu

Namun masih ada sebagian kecil peserta yang belum paham memakai masker secara baik dan benar,Dimana mereka memakai masker tidak rangkap dua dan juga masker yang dipakai bukan masker kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, Maka dari itu pihak dari Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan sekaligus memberikan sosialisasi tentang 5 M kepada peserta vaksin.

Hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan Anang Risgiyanto, Kapolres Way Kanan AKBP Binsar Manurung, Kapolsek Baradatu Kompol Mulyadi, KA UPT Puskesmas Baradatu dr. Indah Hartati serta Anggota Polres Way Kanan guna memastikan kegiatan ini berjalan dengan baik.

Kadis kesehatan kabupaten Way Kanan Anang Risgiyanto mengatakan kepada awak media”Penting nya vaksinasi ini guna tercapai Herd Immunity, Jika seluruh masyarakat telah divaksin dengan harapan indonesia bebas dari covid-19″ Jelas Anang yang juga sebagai juru bicara gugus tugas covid-19 Kabupaten Way Kanan.

BACA JUGA:  Satgas TMMD ke 109 Kodim 0812 Membagi Berat Pekerjaan

Kapolres Way Kanan AKBP Binsar Manurung mengatakan bahwa kehadiran nya guna meninjau pengamanan acara vaksinasi covid-19 digereja tersebut berjalan aman dab berpesan agar acara tersebut tetap dalam koridor protokol kesehatan” Kehadiran kami disini guna memastikan vaksin ini berjalan aman dan saya menghimbau kepada peserta agar selalu prokes baik disini ataupun dalam menjalankan kegaiatan sehari-hari”Jelas nya.

Djosep merupakan salah satu peserta vaksin digereja ini mengatakan diri nya mau divaksin agar kegaiatan keagamaan digereja dapat berjalan seperti biasa nya” iya mas, sekarang ini kita wajib divaksin sebab persyaratan perjalan salah satu nya kita harus menunjukkan kartu sudah vaksin, Apa lagi untuk kegiatan keagamaan di gereja ya kita harus mendukung program pemerintah agar kita tenang dalam menjalankan ibadah” Ungkap nya.

Disela sela kegiatan ini pihak panitia membagikan bantuan sosial berupa paket sembako kepada peserta yang divaksin pada hari ini, Hal ini dilakukan guna mewujudkan kepedulian antar sesama. (Aszhari)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Sekda Mewakili Bupati Pesibar Hadiri Acara Pembukaan Kegiatan Pelatihan Keterampilan Tenaga Kerja

LAMPUNG1.COM,Pesisir Barat-Bupati pesisir barat Dr.Drs.Agus Istiqlal,SH.,MH. Yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Ir. N.Lingga Kusuma,MP menghadiri …