Senin , September 20 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Barat / Petani Argomulyo Menuju Ekonomi Berjaya Bersama

Petani Argomulyo Menuju Ekonomi Berjaya Bersama

LAMPUNG1.COM,Lampung Barat – Petani Argomulyo memiliki Potensi Untuk memajukan perekonomian secara mandiri untuk menuju sejahtera di karena kan para petani kopi di wilayah argomulyo sudah melakukan kerja sama serta kontrak bersama team indofood, media online dan Pupuk NPK Hextar Dgw bersama bibit Cabai Rusa Kamelia. Kamis (05-08-2021)

Prio sapaan akrab sebagai koordinator team petani wilayah argomulyo dan campang tiga kecamatan batu ketulis tersebut mengatakan sambil berbincang santai di sela-sela waktu istirahat pasca penanaman cabai rawit putih

“Mudah-mudahan dengan pola perkembangan petani bekerja sama dengan pihak swasta ini menjadi salah satu cara terbaik saat ini untuk mengatasi musim peceklik musim kopi yang berada di lampung barat, apa lagi tahun ini perkembangan hasil dari kopi yang berada di wilayah lampung barat mayoritas menurun dari tahun sebelum nya, sehingga banyak petani kopi kualahan dan pusing dengan situasi ini, apalagi di tambah dengan harga kopi yang kunjung menurun dan tidak ada solusi signifikan”.Ungkap Prio

BACA JUGA:  Satgas TMMD Reg-109 Karanganyar Hadiri Acara Selamatan Perehaban RTLH

Bos Fadli Sapaan akrab para petani sebagai koordinator lapangan dari perusahaan indofood mengatakan petani tidak harus khawatir tentang masalah penampungan hasil panen Cabai Rawit Merah atau sering di singkat (CRM) di pihak indofood. Karena perusahaan indofood mampu menyerap 100 TON CRM per bulan, meskipun bisa lebih dari 100 Ton tersebut tetap bisa di serap/di tampung karena kebutuhan Kuota indofood bisa di alokasikan dari berbagai wilayah lain yang ada di indonesia. Jadi untuk para petani yang ingin bergabung tidak harus khawatir tentang penyerapan(penampungan) hasil panen dan keuangan nya, dikarenakan perusahaan indofood sudah memiliki pasar bukan hanya lingkup Asia, tetapi sudah mencapai hingga Eropa dan Timur Tengah.

BACA JUGA:  PSBB, Aparat Gabungan Gencarkan Patroli dan Operasi Masker di Sejumlah Wilayah Perbatasan

Sumarlin sebagai perwakilan dari team media online Lampung1.com sangat Bangga dan Mengapresiasi sekali atas cara-cara Para Pemuda Milenial yang peduli dengan petani kopi Lampung Barat, dengan inovasi dan terobosan-terobosan besar dari para Pemuda Milenial yang bergabung serta memiliki Visi dan motto yang sama “Berkarya Untuk Berjaya Bersama”, semoga dapat melahirkan perekonomian yang tinggi serta berkelanjutan untuk para masyarakat atau petani Lampung Barat pada khususnya.

Karena selama ini Hampir setiap kecamatan bahkan pekon yang berada di lampung barat sudah banyak petani kopi yang membongkar lahan nya untuk menanam palawija, karena di anggap hijrah nya para petani itu dari tanam kopi ke palawija akan mendapatkan hasil yang lumayan pesat di bandingkan menunggu kopi yang hasil nya tahunan, apalagi permasalahan harga kopi yang tidak setabil dan tidak sesuai dengan kebutuhan kehidupan sehari-hari. Sedangkan Kopi Lampung Barat sangat terkenal secara kualitas dan cita rasa yang khas bagi para penikmat nya bagi lokal maupun luar negeri.

BACA JUGA:  Nikah Di Tengah Pandemi Corona

Semoga dengan ada nya Terobosan ataupun Ide-ide yang real ini akan menjadikan para petani kopi tetap bertahan dan merawat kopi nya, serta tidak perlu khawatir lagi tentang ada nya musim peceklik yang sering melanda pada saat ini. Karena sudah di bantu dengan tanaman Tumpang sari Cabai Rawit Merah yang menghasilkan pundi-pundi rupiah setiap minggu nya kelak, sehingga kebutuhan hidup sehari-hari petani kopi bisa tercukupi, hasil kopi nya pun yang musiman otomatis akan di simpan atau di jual untuk keperluan yang lebih besar dalam rumah tangga para petani.

(Arif Rahman)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Pengurus Daerah PABPDSI Pesawaran Akan Dilantik Besok

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Pengurus Daerah Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PD PABPDSI) Kabupaten …