Minggu , November 28 2021
Home / Kesehatan / Hari Rabies Sedunia, Digelar Di Kota Metro

Hari Rabies Sedunia, Digelar Di Kota Metro

LAMPUNG1.COM, Walikota Wahdi Sirajuddin, membuka acara peringatan Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) Tahun 2021, di halaman UPT Puskesmas Hewan Kota Metro, pada Selasa (28/9).

Wahdi Sirajuddin menjelaskan bahwa World Rabies Day yang digelar di Kota Metro ini, merupakan bentuk dukungan bagi Pemerintah Indonesia, yang telah mendeklarasikan bebas rabies pada tahun 2030.

Pencegahan dan pengendalian penyakit rabies, dilakukan oleh institusi terkait, dengan melaksanakan vaksinasi pada hewan penular rabies (HPR) yaitu anjing, kucing, dan kera, yang ada di lingkungan masyarakat.

BACA JUGA:  Pemkab Pesibar Laksanakan Pra Validasi Dokumen KLHS Perubahan RPJMD Tahun 2016-2021

Kemudian untuk menekankan jumlah populasi HPR, Pemerintah Kota juga melakukan tindakan sterilisasi, pada hewan anjing dan kucing, dengan usia diatas 6 bulan.

Upaya pencegahan dan pengendalian penyakit rabies ini, ternyata mendapat tanggapan positif dari masyarakat, bahkan banyak didukung oleh Komunitas pecinta dan penyayang hewan, khususnya yang berada di Kota Metro.

“Kita wajib bersyukur, karena dari data 5 tahun terakhir yaitu 2016-2020, ternyata cakupan vaksinasi pada hewan, terus meningkat, dengan rata-rata presentase cakupan vaksin sebanyak 60,8%, sedangkan kasus penyakit rabies di Kota Metro hanya terjadi 2 kasus, yaitu pada tahun 2016 lalu,” jelasnya. (Eko Arif)

Baca Artikel Menarik di LV

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Jaring Atlit Muda, BMI Pesawaran Support Liga U-11 dan Liga U-13 To Palembang

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Banteng Muda Indonesia (BMI) Kabupaten Pesawaran mendukung liga kategori U-11 dan U-13 Dream to …

PEMBANGUNAN DESA SUKAJAYA LEMPASING