Kamis , Oktober 28 2021
Home / Peristiwa / Pemkab Pesawaran Dorong Desa Percepat Penyusunan RKPDes 2022

Pemkab Pesawaran Dorong Desa Percepat Penyusunan RKPDes 2022

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Pemerintah Kabupaten Pesawaran mendorong 144 Desa melakukan langkah-langkah percepatan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKP Desa) tahun anggaran 2022.

Hal tersebut ditujukan kepada 11 camat untuk segera memfasilitasi desa dalam menetapkan jadwal penyusunan Peraturan Desa (Perdes) tentang RKP Desa sejak 1 Juli sampai dengan 31 September tahun anggaran berjalan.

” Ya, Penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKP Desa) tahun anggaran 2022 yang saat ini sedang berjalan yang sudah kita imbau kepada 144 desa melalui surat edaran kepada camat se-kabupaten Pesawaran,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD ) Kabupaten Pesawaran, Zuriadi, M.M, Jum’at (17/09/2021).

BACA JUGA:  Disdikbud Pesisir Barat Mulai Bangun SMP Negeri 1 Pesisir Tengah

Menurutnya, hal tersebut sebagaimana dasar Permendagri Nomor 14 Tahun 20214 Tentang Pedoman membangun Desa dan Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 55 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

” Tertuang dalam Paragraf pasal 29 ayat (), (2). 3), 4) dan (5) serta Pasal 30 ayat (1) dan (2) Permendagri 114 Tahun 2014, maka dari itu kita meminta
kepada camat untuk memfasilitasi desa-desa di wilayah kerjanya,” kata dia.

Lebih lanjut masih disampaikan, Zuriadi, itu dasar surat edaran nomor : 4 10/3151/IV. I5/2020 tertanggal 30 Juni 2021, yang ditandatangani atas nama Bupati Pesawaran oleh Sekda Kabupaten Pesawaran, agar segera melakukan langkah-
langkah percepatan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa(RKP Desa) Tahun Anggaran
2022.

BACA JUGA:  Pemerintah Tekan Penyakit Masyarakat Di Kota Metro

” Pemerintah Desa menyusun RKP Desa sebagai penjabaran RPJM Desa, RKP Desa disusun oleh Pemerintah Desa sesuai dengan informasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten berkaitan dengan pagu indikatif Desa dan rencana kegiatan Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten, RKP Desa mulai disusun oleh Pemerintah Desa pada bulan Juli tahun berjalan,” terangnya.

Tidak itu saja, sambung Zuriadi, RKP Desa ditetapkan dengan Peraturan Desa paling lambat akhir bulan September tahun berjalan RKP Desa menjadi dasar penetapan APB Desa, dan Kepala Desa menyusun RKP Desa dengan mengikutsertakan masyarakat Desa.
Penyusunan RKP Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

BACA JUGA:  Polres Tanggamus Gelar Pisah Sambut Kapolres

” Hal ini dilakukan dengan kegiatan yang meliputi penyusunan perencanaan pembangunan Desa melalui Musyawarah Desa, pembentukan tim penyusun RKP Desa, pencermatan pagu indikatif Desa
penyelarasan program/kegiatan masuk ke Desa, pencematan ulang dokumen RPJM Desa: penyusunan Rancangan RKP Desa, penyusunan RKP Desa melalui musyawarah perencanaan pembangunan Desa, penetapan RKP Desa, perubahan RKP Desa
pengajuan daftar usulan RKP Desa,”pungkasnya. (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Wakil Bupati Lantik 2 Kepala Dinas Di Lampung Timur

LAMPUNG1.COM, Wakil Bupati Hi Azwar Hadi, memimpin prosesi Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi …

PEMBANGUNAN DESA SUKAJAYA LEMPASING