Sabtu , Oktober 16 2021
Home / Hukum Kriminal / Politisi PKB Terjerat Dugaan Korupsi Di Lampung Timur

Politisi PKB Terjerat Dugaan Korupsi Di Lampung Timur

LAMPUNG1.COM, Kejaksaan Negeri Lampung Timur, pada Kamis (23/9) sore, menetapkan seorang politisi PKB, yang notabene merupakan Wakil Ketua DPRD setempat, berinisial AF, sebagai tersangka dan sekaligus melakukan penahanan di Rutan Sukadana, karena diduga terlibat dalam kasus korupsi.

Kepala Kejaksaan Negeri, Ariana Juliastuty, menjelaskan bahwa tersangka AF, yang juga menjabat sebagai Ketua Karang Taruna Kabupaten Lampung Timur, diduga terlibat korupsi Dana Hibah, yang dialokasikan pada APBD Tahun Anggaran 2018, senilai Rp 250 juta rupiah.

BACA JUGA:  Ketum HMI Komisariat Syariah UIN Raden Intan Lampung Desak Pemerintah Batalkan RUU HIP

Dana Hibah Karang Taruna Kabupaten Lampung Timur Tahun Anggaran 2018, senilai Rp 250 juta rupiah ini, dicairkan melalui 2 tahap, yaitu masing-masing senilai Rp 125 juta rupiah.

Penggunaan dana hibah Karang Taruna Kabupaten Lampung Timur, Tahun Anggaran 2018 tersebut, diduga tidak sesuai peruntukannya, sehingga berdasarkan hasil pemeriksaan Tim BPKP Provinsi Lampung, terdapat potensi dugaan kerugian negara mencapai 100 juta rupiah lebih.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan Tim Penyidik Kejari Lampung Timur, AF ditetapkan sebagai tersangka, dan dilakukan proses penahanan sesuai Surat Perintah Nomor 02/L.816/FD.1/09/2021, tanggal 23 September 2021,” jelas Kajari Lampung Timur.

BACA JUGA:  Bupati Dewi Handajani Resmikan Kantor Cabang BPRS Tanggamus di Pringsewu

Sementara Sukarmin SH, selaku Kuasa Hukum Tersangka AF, menyampaikan beberapa klarifikasi, antara lain yaitu bahwa benar kliennya sempat tidak hadir pada Panggilan Pertama Tim Penyidik Kejari Lampung Timur, karena memang dalam keadaan Sakit.

Kemudian Ketidak-hadiran kliennya pada panggilan kedua, dikarenakan kliennya sedang melaksanakan aktivitas tugas kedinasan, yang telah terjadwal sebelumnya, dan pihaknya telah mengirimkan surat permohonan kepada Tim Penyidik Kejari Lampung Timur, untuk diagendakan kembali pada hari Kamis (23/8) ini.

BACA JUGA:  Ribuan Masyarakat Mesuji Antusias Sambut Arinal

“Kerugian negara sesuai hasil audit dimaksud, sebenarnya juga telah dikembalikan oleh klien kami, dengan kapasitasnya sebagai Ketua Karang Taruna Kabupaten Lampung Timur, ke Kas Daerah, sehingga hal tersebut merupakan fakta hukum tidak terdapatnya lagi kerugian negara dalam perkara ini,” terang Sukarmin SH. (Eko Arif)

Baca Artikel Menarik di LV

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Anggota PWI Pringsewu Harapkan Dalam Konferprov PWI Lampung Ke Depan Tidak Ada Mandat

LAMPUNG1.COM,Pringsewu – Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pringsewu mengharapkan dapat menyalurkan langsung hak pilih …