Kamis , Oktober 28 2021
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / Tertib Administrasi, TP PKK Desa Gebang Mantapkan Kapasitas Kader

Tertib Administrasi, TP PKK Desa Gebang Mantapkan Kapasitas Kader

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN- Tim Penggerak PKK Desa Gebang memantapkan kapasitas kinerja kader dengan mengikuti pembinaan dan penyuluhan dalam

rapat koordinasi (rakor) kali pertama di Kecamatan Teluk Pandan, pada Rabu (22/09/2021)
menghadirkan narasumber tim TP PKK kecamatan setempat, yakni Juaher Elsa Zulkifli, Nazlina Mayanti dan Endang.

Ketua PJ. TP PKK Desa Gebang, Mardiyah menyampaikan, rakor ini dilaksanakan, selain peningkatan kapasitas kader yang sempat alami kekosongan dikarena pandemi covid-19, juga pentingnya menyusun, dan evaluasi program kerja PKK secara tertib administrasi.

” Sehingga kader dituntut harus aktif dan peran pentingnya mendukung pemerintah dalam pembangunan sesuai harapan dan tepat sasaran untuk kepentingan masyarakat,” ujar Mardiyah saat itu hadir Ketua Fasilitator kecamatan setempat, Irma Damayanti.

BACA JUGA:  Satgas TMMD 106 Kodim Cilacap Bersihkan Sisa Material Bangunan RTLH

Menurutnya, melalui rakor ini juga kader diberikan pembekalan peningkatan kapasitas kader dengan harapan bisa membawa manfaat untuk bisa diaplikasikan kepada masyarakat sesuai kelompok kerja (Pokja) menuju Desa Gebang maju, sehat, sejahtera dan berkembang.

” Tentunya tak lepas dukungan dan koordinasi antar kader desa dan kecamatan maupun kader kabupaten. Untuk itu pentingnya kader Desa Gebang saling berkoordinasi dalam program kerja PKK tersebut,” ucap Ketua PJ. TP PKK desa setempat.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua TP PKK Kecamatan Juaher Elsa menyampaikan apresiasi kepada kader PKK Desa Gebang, kali pertama di Kecamatan Teluk Pandan mengundang TP PKK Kecamatan selaku narasumber peningkatan kapasitas kader.

BACA JUGA:  Pemprov Lampung dan KTLD Siap Bangun KEK Pariwisata Kalianda

” Desa Gebang patut diapresiasi, tentunya dapat dicontoh desa-desa lain yang ada di Kecamatan Teluk Pandan, karena itu pentingnya koordinasi termasuk peningkatan kapasitas kader seperti kegiatan yang dilaksanakan TP PKK Desa Gebang,” jelas Juaher.

Sementara itu, salah satu narasumber peningkatan kapasitas kader, Nazlina Mayanti menyebutkan pelaksanaan program kerja PKK ini dapat dilaksanakan atas dasar hukum Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, dan hasil Rakornas VII PKK Tahun 2010.

” Pentingnya kader PKK menyusun, menjalankan, mengevaluasi program kerja PKK, terlebih peningkatan kapasitas kader agar tertib administrasi namun juga harus update. Itulah yang dapat disampaikan para kader PKK dalam kegiatan kader PKK desa, tentunya itu sampaikan setiap rapat koordinasi di tingkat kecamatan,” jelas Ibu Yanti sapaan akrabnya, juga merupakan Kepala UPTD Puskesmas Hanura.

BACA JUGA:  Renovasi Rumah Ibu Marlinda Oleh Kodim 0410/KBL Pada TMMD 109 Tahun 2020

Penjabat Kades Gebang, Ewin Vithori, S.Sos., MM memastikan kegiatan dalam rakor PKK Desa Gebang dilaksanakan inisiatif untuk tertib administrasi dalam melaksanakan program kerja PKK.

” Selain rakor, juga adanya pembinaan kader PKK Desa yang kebetulan hadir tim PKK Kecamatan, sekaligus menjadi narasumber pembinaan peningkatan kapasitas kader desa agar lebih baik lagi dalam administrasi PKK,” pungkas Ewin. (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Wakil Bupati Lantik 2 Kepala Dinas Di Lampung Timur

LAMPUNG1.COM, Wakil Bupati Hi Azwar Hadi, memimpin prosesi Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi …

PEMBANGUNAN DESA SUKAJAYA LEMPASING