Selasa , November 30 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Selatan / Gubernur Arinal bersama Wamen BUMN II Lakukan Groundbreaking Pembangunan Kawasan Bakauheni Harbour City

Gubernur Arinal bersama Wamen BUMN II Lakukan Groundbreaking Pembangunan Kawasan Bakauheni Harbour City

LAMPUNG1.COM,LAMPUNG SELATAN —– Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan kawasan Bakauheni Harbour City (BHC) di Menara Siger, Lampung Selatan, Rabu (27/10/2021).

Peletakan batu pertama ini menandai tahap awal dimulainya pembangunan BHC yang diawali pembangunan Masjid BSI, Area UMKM, Renovasi Menara Siger, Creative Hub, Housing Development & Enterpreneur Center.

Pembangunan tersebut pendanaannya didukung oleh Bank Himbara.

“Masyarakat dan Pemerintah Provinsi Lampung sangat mengapresiasi dukungan Pemerintah Pusat dalam rangka Groundbreaking Kawasan Pariwisata Terintegrasi BHC,” ujar Arinal.

Kawasan Pariwisata Terintegrasi Bakauheni ini sendiri telah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional berdasarkan Permenko Bidang Perekonomian RI Nomor 7 Tahun 2021.

Arinal mengatakan pembangunan BHC ini dirancang dengan konsep Integrated Tourism Complex.

Dimana beberapa specific-magnet yang dibangun akan menjadi destinasi dan daya tarik pariwisata sekaligus menjadi Hub dalam sistem jaringan pariwisata.

BACA JUGA:  Satgas TMMD Reg 109 Hadiri Acara Syukuran Menempati Rumah Baru

“Groundbreaking hari ini sebagai tanda dimulainya pembangunan BCH, dengan tahap awal membangun Masjid, UKM center dan renovasi Menara Siger,” katanya.

Arinal menjelaskan untuk pembangunan masjid tersebut, diperkirakan akan mampu menampung hingga 2000 jemaah.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada Bank Syariah Indonesia atas dukungannya untuk pembangunan masjid ini,” katanya.

Kemudian terhadap lembangunan areal komersial bagi UMKM yang didukung oleh Bank BNI dan BTN, diharapkan akan membantu pelaku ekonomi menengah dan kecil.

“Hal ini sesuai dengan niat kita semua bahwa Kawasan Pariwisata Terintegrasi BHC akan membangkitkan ekonomi rakyat, mewujudkan Lampung Berjaya serta Indonesia yang Maju dan Sejahtera,” katanya.

Selanjutnya, Renovasi dan Optimalisasi Menara Siger dengan dukungan Bank BRI, yang merupakan Simbol budaya Lampung.

BACA JUGA:  PWI Lampung Timur Kunjungi Objek Wisata Puncak Tamiang Sukadana

“Mengingatkan kepada kita semua bahwa pembangunan BHC tetap berpijak kepada akar budaya bangsa yang luhur dan agung,” katanya.

Arinal menyebutkan awal dari groundbreaking ini, maka pembangunan dan pengembangan Kawasan Pariwisata Terintegrasi BHC akan terus dilakukan sesuai tahapan yang telah ditetapkan.

“Oleh karenanya komitmen dan dukungan dari seluruh pihak,” katanya.

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa kawasan pelabuhan bakauheni tersebut, sangat potensial yang menjadi simbol masuknya arus wisatawan ke Sumatera dan simbol Provinsi Lampung.

Menurutnya, dengan pembangunan BHC nantinya akan mampu menciptakan arus kemajuan ekonomi baru.

“Kita melihat potensi pariwisata di Bakauheni sebagai pintu gerbang ke Pulau Sumatera, ini sangat luar biasa kedepannya. Insya Allah bisa memberikan berkah bagi masyarakat Lampung,” ujar Kartika.

Kartika mengatakan hal ini juga didukung terutama adanya arus penumpang yang muncul setelah adanya Jalan Tol Trans Sumatera.

BACA JUGA:  Waspada !!! Oknum Dishub Kota Balam Semakin Brutal

“Arus wisatawan nantinya bisa menciptakan arus ekonomi yang masuk tumbuh cepat sekali. Kami mohon dukungan kepada Bapak Gubernur, Bupati dan seluruh masyarakat Lampung untuk melancarkan hajat ini karena ini menjadi proyek strategis nasional, kami meyakini pasca Covid-19 pariwisata akan meningkat cukup tajam,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan pembangunan BHC tahap pertama ini direncanakan akan selesai pada pertengahan Tahun 2022.

“Insyaallah dengan doa dan upaya kita semua, Juni 2022 kita selesai,” ujar Ira.

Ira menjelaskan pada tahapan berikutnya, BHC akan dilanjutkan pada pembangunan diantaranya Krakatau Park, hotel, area niaga dan marina atau wisata untuk meninjau pulau-pulau disekitar seperti Pulau Pahawang, Pulau Kiluan dan Anak Gunung Krakatau. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Polisi Amankan 1 Terduga Kasus Pengeroyokan Di Tanjung Bintang

LAMPUNG1.COM, Pihak Kepolisian berkomitmen untuk melakukan proses penegakan hukum secara profesional dan berimbang, pada penanganan …

PEMBANGUNAN DESA SUKAJAYA LEMPASING