Selasa , November 30 2021
Home / Pendidikan / KUB Tegarindo : Dirjen PRL KKP Support Swasembada Garam Pulau Legundi

KUB Tegarindo : Dirjen PRL KKP Support Swasembada Garam Pulau Legundi

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Pengembangan potensi garam rakyat menuju garam industri Pulau Legundi di Kabupaten Pesawaran kembali disupport
Plt. Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Kementerian KP, Dr. Ir. Pamuji Lestari, M.Sc setelah meninjau langsung produksi garam rakyat tersebut pada Selasa (19/10/2021) dalam kunjungan kerja Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, SE, didampingi
Bupati Dendi Ramadhona Kaligis.

Produksi garam yang dikelola oleh Kelompok Usaha Bersama Terang dan Garam Indonesia (KUB Tegarindo) bertempat di Dusun Labuan Agung RT/RW 011/004 Desa Legundi, Kecamatan Punduh Pedada, Rabu (20/10/2021), Ketua KUB Tegarindo, Firman Jaya menjelaskan, pihak Dirjen PRL KKP mensupport produksi garam pulau legundi tersebut untuk mendorong Provinsi Lampung menjadi salah satu swasembada garam di Pulau Sumatera.

BACA JUGA:  Tumbuhkan Semangat Gotong Royong, Satgas TMMD Bojonegoro Kerja Bakti Bersama arga

” Alhamdulillah kami mendapat support dari Dirjen PRL KKP yang akan diterjunkan tenaga ahli untuk mendorong peningkatan produksi garam agar benar-benar bisa masuk ke segmen menjadi garam industri dan garam farmasi,” ujar Firman Jaya saat dihubungi lampung1.com, Rabu (20/10/2021).

Menurutnya, meski pihak Dirjen PRL KKP mensupport terkait bantuan lainnya, tentu itu tetap kuncinya kepada Bapak Ketua Komisi IV DPR RI karena itu adalah aspirasi masyarakat dari Kelompok Usaha Bersama (KUB). Karena mekanismenya melalui Pak Sudin selaku Ketua Komisi IV DPR RI yang mendorong ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk pengembangan produksi garam rakyat di Pulau Legundi, Pesawaran, Lampung bisa menjadi swasembada garam di Pulau Sumatera.

BACA JUGA:  Akhirnya TNI Yang “Empu” Bangunan Turun Lapangan

” Mengingat produksi garam terus berjalan sejak awal adanya penambahan sekitar 3000 meter persegi, terlebih telah terbitnya izin SNI, izin BPOM dan izin halal sehingga kita bisa melakukan produksi garam tersebut menjadi garam konsumsi yang akan dilaunching perdana untuk di komersil dan di pasarkan nantinya,” jelas Ketua KUB Tegarindo.

Meskipun demikian lanjut Firman berharap semua daerah bisa mengikutinya dan tidak hanya Pulau Legundi saja, akan tetapi masyarakat pesisir pantai untuk bisa siapkan Koperasi KUB Tegarindo dalam menaungi pelatihan, saran dan masukan, maupun siap menampung hasil garam rakyat tersebut.

” Sehingga kedepannya Provinsi Lampung bisa menjadi swasembada garam diawal Pulau Sumatera, karena itu juga pihak Dirjen PRL KKP melalui tenaga ahlinya tentu Pulau Legundi akan dijadikan sebagai pusat edukasi tentang kajian garam industri, pioner garam industri Pulau Legundi yang betul-betul hasilnya sesuai harapan pelaku-pelaku bisnis garam industri,” kata dia lagi.

BACA JUGA:  Main Judi Kartu, 4 Warga Dibawa Ke Kantor Polisi.

Tidak itu saja, tambah Firman Jaya, pihaknya siap bersinergi dengan semua lini sesuai kewenangan dibidangnya untuk mendorong Provinsi Lampung betul-betul menjadi sentral garam industri.

” Oleh sebab itu kita siap bersinergi dengan semua pihak karena beberapa daerah pesisir di Provinsi Lampung seperti Pesisir Barat, Tanggamus dan Kalianda (Lampung Selatan) mengikuti jejak KUB Tegarindo,” pungkasnya. (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Polisi Amankan 1 Terduga Kasus Pengeroyokan Di Tanjung Bintang

LAMPUNG1.COM, Pihak Kepolisian berkomitmen untuk melakukan proses penegakan hukum secara profesional dan berimbang, pada penanganan …

PEMBANGUNAN DESA SUKAJAYA LEMPASING