Selasa , November 30 2021
Home / Peristiwa / Kunker DPR RI, Dirjen PRL KKP Dorong Swasembada Garam Pulau Legundi

Kunker DPR RI, Dirjen PRL KKP Dorong Swasembada Garam Pulau Legundi

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Pengembangan potensi garam rakyat menuju garam industri Pulau legundi di Kabupaten Pesawaran untuk terus mendorong Provinsi Lampung menjadi salah satu swasembada garam di Pulau Sumatera.

Produksi garam rakyat yang dikelola oleh Kelompok Usaha Bersama Terang dan Garam Indonesia (KUB Tegarindo) bertempat di Dusun Labuan Agung RT/RW 011/004 Desa Legundi, Kecamatan Punduh Pedada, pada Selasa (19/10/2021) ditinjau langsung Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Kementerian KP, Dr. Ir. Pamuji Lestari, M.Sc bersama Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, SE, didampingi Bupati Dendi Ramadhona Kaligis.

“Pulau Legundi di Pesawaran, Lampung ini memiliki lokasi sangat strategis. Untuk itu saya optimis kedepan bisa menjadi penghasil swasembada garam setelah melihat langsung ke lokasi penghasil garam, tentunya kami mendorong peningkatan ekonomi masyarakat melalui produksi garam dan menjadi desa edukasi wisata,” ujar Pamuji.

BACA JUGA:  Wagub Chusnunia Sampaikan 6 Saran terhadap 10 Raperda Usul Inisiatif DPRD Provinsi Lampung

Menurutnya, saat ini memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan potensi yang dimiliki pulau terluar di Indonesia, salah satunya Pulau Legundi ini. Selain penghasil garam yang sangat baik, juga tak kalah indah pemandangan wisata bawah air laut dengan Pulau Pahawang.

” Saya sangat mendukung peningkatan produksi garam Pulau Legundi menjadi pusat garam industri dan menjadikan desa edukasi wisata dalam pembuatan garam. Karena itu tidak semua masyarakat Indonesia mengetahui proses pembuatan garam. Hal ini juga kami dorong sebagai edukasi wisata produksi garam terbarukan,” tandas Dirjen PRL KKP itu.

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengatakan, kunjungan kerja ini dilakukan di Pulau Legundi, Punduh Pedada, Pesawaran, Lampung itu, selain mendengarkan aspirasi masyarakat, juga untuk mengetahui Pulau Legundi salah satu penghasil garam rakyat.

BACA JUGA:  Gubernur Lampung Serahkan BKS Kepada Masyarakat

” Maka dari itu, dalam kunjungan kerja ini saya sengaja membawa ibu Dirjen PRL ke Pulau Legundi untuk dapat melihat langsung seberapa besarnya potensi yang di miliki Pesawaran, khususnya Pulau Legundi dalam menghasilkan garam,” ujarnya.

” Meskipun saat ini produksi garam masih menggunakan cara manual,tapi hasil yang dikeluarkan cukup bagus dan dapat bersaing dipasaran khususnya Indonesia,” sambung Sudin.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyampaikan, terimakasih dan apresiasi atas kunjungan yang dilakukan oleh Ketua Komisi IV DPR-RI dan Dirjen PRL KKP dengan harapan bisa membantu masyarakat dalam pemasaran produksi garam yang dimiliki oleh Pulau Legundi.

“ Tentunya kami berharap adanya bantuan yang dapat diberikan kepada kami salah satunya pembangunan dermaga untuk membantu masyarakat Desa Pulau Legundi dalam memasarkan produksi garam yang berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA:  113 Pengunjung Pantai Mutun Terjaring Operasi Yustisi

Lebih dari itu Bupati Dendi menyampaikan, Pulau Legundi merupakan pulau terluar yang ada di Pesawaran, mengingat jauhnya jarak yang harus ditempuh oleh masyarakat untuk ke darat.

” Sehingga mengharuskan masyarakat memiliki cara lain untuk menjaga perekonomiannya dengan status pulau terluar di Kabupaten Pesawaran,” kata dia.

Sambung Dendi, mau tidak mau masyarakat dituntut untuk lebih produktif dalam menjaga perekonomian rumah tangganya.

” Tentunya saya bersyukur dengan inovasi dan ke produktifitas yang mereka miliki akhirnya mereka dapat memproduksi garam industri yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” pungkasnya. (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Polisi Amankan 1 Terduga Kasus Pengeroyokan Di Tanjung Bintang

LAMPUNG1.COM, Pihak Kepolisian berkomitmen untuk melakukan proses penegakan hukum secara profesional dan berimbang, pada penanganan …

PEMBANGUNAN DESA SUKAJAYA LEMPASING