Selasa , November 30 2021
Home / Peristiwa / Pers Pilar Keempat, Wartawan Harus Dilindungi Hukum

Pers Pilar Keempat, Wartawan Harus Dilindungi Hukum

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Untuk menjamin kebebasan pers dalam penyajian pemberitaan secara objektif. Wartawan harus dilindungi hukum, mengingat pers adalah pilar keempat di negara demokrasi.

Hal tersebut disampaikan Ketua PWI Pesawaran, M Ismail saat menyambut kunjungan pengurus Provinsi Lampung, hadir Wira Hadikusuma, Andi S Panjaitan serta Munizar di Kantor PWI Pesawaran, Desa Bagelen, Kecamatan Gedongtataan, Selasa (19/10/2021).

” Untuk itu saya mengingatkan kepada pengurus PWI Provinsi Lampung terkait perlindungan hukum bagi wartawan. Jadi apapun pilihannya pers jangan mati, harus hidup sehingga terciptanya sebuah karya jurnalistik dan informasi publik terpenuhi,” jelas Ismail.

BACA JUGA:  DPRD Kab. Tubaba Rapat Paripurna Penyampaian Nota KUA-PPAS APBD Perubahan Anggaran 2021

Menurutnya, perlindungan hukum bagi wartawan harus dijalankan sesuai norma hukum yang berlaku sebagaimana tertuang didalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

‘ Sehingga profesionalitas wartawan dalam menjalankan tugasnya terpenuhi sesuai aturan tersebut dengan peran pers tentu terpenuhi hak masyarakat mendapatkan informasi yang berkualitas dan adil,” tandas Ismail.

Dalam kesempatan itu, Wira Hadikusuma menegaskan, organisasi PWI tentu hadir dan menjamin kepastian hukum bagi wartawan dalam menjalankan tugasnya sehingga pers tidak mati.

BACA JUGA:  Warga Bersama Satgas TMMD 110 Bojonegoro Gotong Royong Angkat Buis Beton

” Peran pers dibutuhkan masyarakat untuk mendapatkan informasi berkualitas dan adil sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, pada Pasal 6 butir a menyebutkan Pers nasional melaksanakan perannnya memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui,” ujarnya.

Maka dari itu, sambung Wira, untuk menjamin kebebasan pers tentu memberikan perlindungan hukum sehingga tugas wartawan dapat dijalankan dengan baik dan menjamin terpenuhinya informasi publik yang obyektif.

BACA JUGA:  Gubernur Kepri Tausyiah Safari Ramadhan Himbau Masyarakat Bersatu dan Berdoa Untuk Kesejahteraan Kepri

” Karena itu, wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI harus menjaga marwah dengan membangun karakter wartawan yang berdedikasi tinggi sesuai kode etik jurnalistik,” pungkasnya.

Diketahui, Wira Hadikusuma akan mencalonkan diri sebagai Ketua PWI Lampung dalam Konferensi Cabang (Konfercab) digelar pada November 2021 mendatang. Wira merupakan Pemred Rilis.id ini bakal menggandeng Pemred Harian Momentum Andi S. Panjaitan sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PWI Lampung. (Wahyudin/red).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Polisi Amankan 1 Terduga Kasus Pengeroyokan Di Tanjung Bintang

LAMPUNG1.COM, Pihak Kepolisian berkomitmen untuk melakukan proses penegakan hukum secara profesional dan berimbang, pada penanganan …

PEMBANGUNAN DESA SUKAJAYA LEMPASING