Minggu , November 28 2021
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / Wisata Mangrove Petengoran Diakui Dunia, DPD RI Dorong Desa Gebang ke Desa Emas

Wisata Mangrove Petengoran Diakui Dunia, DPD RI Dorong Desa Gebang ke Desa Emas

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-DPD RI asal senator Lampung mendorong percepatan pembangunan di desa/pekon melalui peningkatan kapasitas dan SDM menuju desa emas seperti Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan di Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Hal tersebut disampaikan KH. Abdul Hakim saat berdialog bersama pemerintah desa dan warga masyarakat Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran dalam resesnya bertempat di wisata mangrove Petengoran, Minggu (10/10/2021).

” Desa ini diakui diakui dunia adalah wisata mangrove petengoran sebagai tempat ekowisata mangrove, secara nasional maupun lokal yang sudah di proyeksi pemerintah Pusat, provinsi dan Pemerintah Kabupaten Pesawaran,” ujar senator asal Lampung tersebut kepada Lampung1.com, Selasa (12/10/2021).

KH. Abdul Hakim yang juga merupakan anggota Komite IV DPD RI itu memastikan hal tersebut, bahkan menurutnya melalui dialog bersama yang dilakukan secara intensi itu untuk bisa menjadi jembatan wakil rakyat agar terjadi sinergi satu sesama upaya percepatan pembangunan desa.

BACA JUGA:  DMI Tuba Gelar Musda Bentuk Kepengurusan Baru

” Hal ini amanat sebagaimana UU Nomor 6 Tahun 2014, tentunya sudah menjadi komitmen kita bersama, negara-negara sedunia pun demikian terkait dengan pencapaian target SDGs yaitu desa tanpa kemiskinan, tanpa pengangguran, kualitas pendidikan, dan kesehatan,” jelasnya.

Lebih lanjut Senator Lampung mengatakan, hal itu harus dengan sungguh-sungguh memberikan perhatian terhadap peningkatan SDM desa ataupun pekon. Jadi ini sungguh luar biasa setelah melihat langsung berbagai potensi yang dimiliki Provinsi Lampung. Di masing-masing desa itu memiliki berbagai potensi khazanah dan karakteristik dari sumberdaya alamnya, pertanian, wisata dan lainnya.

” Tentu itu harus ada prosesi dalam rangka pendampingan kepada pelaku pembangunan di desa. Salah satunya Desa Gebang di Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran yang telah saya kunjungi pada Minggu (10/10/2021) lalu. Desa Gebang ini luar biasa punya potensi mangrove, tentu dunia sudah melihat dan diakui salah satu hutan mangrove terbaik di dunia,” ucapnya.

BACA JUGA:  Penutupan Bharesda, PMR SMAN 2 Tumijajar Santuni Lansia

Tentu itu, sambung Abdul Hakim, mampu sejalan dengan memberikan kemakmuran, peningkatan dan kesejahteraan buat warga. Syukur Alhamdulillah hutan mangrove di Desa Gebang ini melibatkan warga, dan dikelola oleh BUMDes.

” Hal itu saya melihat langsung dan dampaknya memberikan kemaslahatan dan pemanfaatan kepada masyarakat Desa Gebang, tapi kalau kemaslahatannya itu ada 100, mungkin itu baru 5 % atau 10 %. Oleh karena itu harus sejalan dengan peningkatan SDM tentu ada lima strategis yang ingin saya tawarkan dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di desa,” terangnya.

BACA JUGA:  Polisi Tangkap Pelaku Penganiyaan Terhadap Ayah Kandung di Pugung Tanggamus

Masih anggota DPD RI itu melanjutkan, melalui berbagai potensi SDGs nya itu tentu ada potensi wisata, ada agro maupun potensi-potensi lainnya seperti perkebunan dan pertanian, namun juga harus dibarengi dengan kapasitas potensi Sumber Daya Manusia (SDM) maupun pengelolaannya. Lima strategi itu ditawarkan menjadi desa emas berbasis wisata.

” Adapun lima pilar itu bernama bina insani. Yakni Kebersamaan, gotongroyong, bina kapasitas kelembagaan, bina kapasitas pendanaan biaya investasi dan bina pasar, tentu ini sudah menjadi komitmen dan target provinsi. Jadi Desa Gebang ini luar biasa, potensinya adalah hutan magrove yang telah diakui dunia untuk terus dipelihara lingkungannya yang telah dirasakan saat ini, jangan sampai ada kerusakan hutan mangrove yang dapat menimbulkan pandemi malaria telah dibahas bersama warga Desa Gebang,” ungkapnya. (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Jaring Atlit Muda, BMI Pesawaran Support Liga U-11 dan Liga U-13 To Palembang

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Banteng Muda Indonesia (BMI) Kabupaten Pesawaran mendukung liga kategori U-11 dan U-13 Dream to …

PEMBANGUNAN DESA SUKAJAYA LEMPASING