Kamis , Januari 20 2022
Home / Ruwa Jurai / Lampung Tengah / Lurah Yukum Jaya Iqbal Husen Ajak Masyarakat Tanam TOGA

Lurah Yukum Jaya Iqbal Husen Ajak Masyarakat Tanam TOGA

LAMPUNG1.COM, Lampung Tengah – Peduli dengan kesehatan masyarakat, Lurah Yukum Jaya Iqbal Husen mengajak masyarakat menanam tanaman obat keluarga (TOGA) di Pekarangan rumah warga Lingkungan 9 Kelurahan Yukum Jaya, Kecamatan Terbanggi Besar , Lampung Tengah, Minggu (7/11/2021)

Ide penanaman toga ini muncul karena melihat situasi pandemi yang belum juga usai di tanah air. Iqbal Husen lalu memiliki inisiatif melakukan kegiatan yang efektif dengan memanfaatkan tanaman keluarga yang dapat ditanam dan diolah dengan mudah.

BACA JUGA:  Ipda Ramon Zamora: "Polri Akan Kawal Penandatangan Fakta Integritas Kepala Pekon"

“Seperti yang sudah diketahui, tanaman toga merupakan beberapa jenis tanaman obat yang dapat ditanam dengan mudah di pekarangan rumah ataupun di pot plastik. Tanaman-tanaman toga sendiri terdiri dari jahe, kunyit, lidah buaya, daun sirih, temu lawak dan masih banyak lagi.” Ujar Iqbal

Lanjut Iqbal,Keberadaan tanaman toga ini banyak membawa manfaat baik bagi kesehatan, salah satunya mudah diolah menjadi minuman herbal seperti, jamu kunir, jamu sinom, wedang jahe, wedang sirih dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  Prajurit Yonif 405 Surya Kusuma Latihkan TUB di Tempat Tugas

“Nantinya warga yang membutuhkan bibit dan bahan buat obat bisa langsung ambil di sini,minta dengan juru kuncinya. Ini tanaman tidak untuk di perjual belikan tetapi untuk masyarakat.’ terang Iqbal

Sementara itu Widodo salah satu warga,memberi dukungan penuh dengan adanya kegiatan ini. Sejak pandemi banyak masyarakat jika sakit takut untuk datang ke rumah sakit.

“Maka dari itu kegiatan ini sangat membantu. Dalam penanaman tumbuhan toga ini tidak hanya sebagai jamu herbal tapi banyak dipercaya bahwa tanaman toga dapat menyembuhkan Covid-19,” Tuturnya. (red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

DPD II Partai Golkar Tuba Gelar Rapat Terbatas Awal Tahun 2022

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang – Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes), DPD II Partai Golkar Tulangbawang menggelar …