Minggu , Mei 15 2022
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / Panitia Terbentuk, Pilkades PAW Desa Gebang Digelar 20 Desember 2021

Panitia Terbentuk, Pilkades PAW Desa Gebang Digelar 20 Desember 2021

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Panitia Pergantian Antar Waktu (PAW) terbentuk dari hasil musyawarah desa (Musdes) dilantik oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat, Kamis (25/11/2021) bertempat di Balai Desa setempat.

Ketua BPD Desa Gebang, Heri Wahyudi menjelaskan, panitia ini telah terbentuk dari tanggal 23 November 2021 tentunya independen dengan mengedepankan netralitas, tanpa memihak calon siapapun.

” Jadi, panitia Kades PAW ini dilantik dari unsur aparatur desa, dan unsur masyarakat dari 6 dusun dan ditetapkan berdasarkan musyawarah” jelas Heri Wahyudi sapaan akrabnya Uut dalam acara pelantikan bertempat di Balai Desa setempat, Kamis (25/11/2021).

Menurutnya, terbentuknya panitia Pilkades PAW untuk menentukan sosok kepala desa Gebang yang akan digelar pada tanggal 20 Desember 2021 mendatang sehingga panitia Pilkades PAW dibentuk.

” Jadi pelantikan Pilkades PAW hari ini dan disaksikan langsung oleh Ketua Panitia Pilkades PAW Kecamatan Teluk Pandan, Hadi Jaya Kusuma Dewangsa, dan Pj. Kades Ewin Vithori, Ketua LPM, Midori, tokoh adat, tokoh agama dan unsur mssyarakat, serta Bhabinkamtibmas, Briptu M. Obi Fadli,” ujarnya.

BACA JUGA:  Politik Baik Hati Pemerintah Menguras Kas Negara Sebesar Rp 35,7 Triliun

Sementara itu Hadi Jaya Kusuma Dewangsa menyampaikan, terbentuk dan dilantiknya panitia Pilkades PAW ini harus benar-benar memahami dan mempelajari regulasi terkait penyelenggaraan Pilkades PAW.

” Jika ada yang mempertanyakan terkait mekanisme pelaksanaan Pilkades PAW, panitia bisa memberikan informasi dan pemahamannya, jangan sampai tidak tahu, jadi regulasi itu harus dipelajari didalam Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 36 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pilkades PAW di Kabupaten Pesawaran, termasuk di Desa Gebang,” jelasnya.

PJ. Kades Gebang Ewin Vithori berharap Panitia Pilkades PAW ini telah terbentuk dan usai dilantik agar menjalankan sesuai regulasi dan aturan yang ada, jangan sampai tidak paham terhadap pelaksanaannya.

BACA JUGA:  Warga Kelurahan Kotaalam Berharap Dapat Perhatian Pemerintah Terkait Program Bedah Rumah

” Mengingat beberapa bulan ini sempat juga gerasak gerusuk mempertanyakan pelaksanaan Pilkades PAW, dan hari secara resmi kepanitiaan telah dilantik. Semoga terciptanya iklim kondusif, aman dan damai hingga kades terpilih,” ucapnya.

Disampaikan Ketua Panitia Pilkades PAW, Jauhari memastikan pelaksanaan Pilkades PAW ini jangan dianggap ringan, mengingat ini baru kali pertama dilaksanakan oleh Desa Gebang.

” Namun tentunya bersama ketua dan anggota panitia tetap mengedepankan netralitas, terlebih berpedoman pada Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 36 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pilkades PAW di Kabupaten Pesawaran,” jelasnya.

Terlebih penting, sambung Jauhari, didalam pelaksanaan ini ada beberapa tahapan yang harus dijalani untuk tahapan penjaringan/pembukaan bakal calon Kades PAW dibuka dari tanggal 29 November s/d 5 Desember 2021.

” Penelitian/Kelengkapan berkas bakal calon kades ditanggal 6 Desember 2021, dan tanggal 7-8 Desember 2021 penyerahan berkas bakal calon kades ke Kecamatan Teluk Pandan, tanggal 9-10 Desember 2021 penyerahan berkas bakal calon kades ke kabupaten Pesawaran, tanggal 13 Desember 2021 penyeleksian bakal calon kades bilamana melebihi dari tiga (3) bakal calon kades akan dilakukan tes,” ujarnya.

BACA JUGA:  Oknum Kakon Akui Perintahkan Warganya Mencopot APK Paslon Sam-Ni

Kemudian, lanjut Jauhari, di tanggal 14-17 Desember 2021, panitia melakukan penetapan Daftar Pemilih Tetap sementara (DPTS), di tanggal 18 Desember 2021 baru menentukan Daftar Pemilih Tetap (DPT), di tanggal 15-17 Desember 2021 itu masa kampanye calon kades PAW.

” Jadi dimasa kampanye ini sudah tidak ada lagi yang kasak kusuk tentunya berharap ada pengawasan dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas, lalu di tanggal 18-19 Desember 2021 masa tenang, di tanggal 20 Desember 2021 baru masa pencoblosan,” tandasnya. (pencoblosan). (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Bapemperda DPRD Batam Masih Berupaya Selesaikan Pembahasan Harmonisasi Lanjutan Terhadap Ranperda Perkampungan Tua

Lampung1.com – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Batam masih berupaya menyelesaikan pembahasan harmonisasi …