Kamis , Januari 27 2022
Home / Ruwa Jurai / Lampung Tengah / Tekan Angka Kekerasan, Menteri Bintang Puspayoga Ajak Pemprov Lampung Maksimalkan DAK

Tekan Angka Kekerasan, Menteri Bintang Puspayoga Ajak Pemprov Lampung Maksimalkan DAK

LAMPUNG1.COM,Lampung Tengah — Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, melakukan kunjungan kerja selama dua hari ke Provinsi Lampung.

Di hari pertama kunjungannya di Lampung pada Sabtu (27/11), Menteri Bintang didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Lampung, Qudratul Ikhwan yang mewakili Gubernur Lampung, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung, Fitrianita Damhuri. S.STP, M.Si mengunjungi Kabupaten Lampung Tengah.

Di Halaman GSG Kampung Rama Gunawan, Kecamatan Seputih Raman, Menteri Bintang melakukan Dialog Interaktif bersama masyarakat didampingi anggota DPR RI Komisi VIII I Komang Koheri, kemudian mengukuhkan Komunitas Wanita Tangguh serta melaunching 2 Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, yaitu Desa Rama Gunawan, Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah dan Kampung Banjar Dewa Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang.

BACA JUGA:  Berkah Rejeki Bagi Penjual Cilok di Penutupan TMMD

Menteri Bintang dalam sambutannya menyampaikan lima arahan Presiden Joko Widodo yang harus diselesaikan oleh Kementerian PPPA.

Kelimanya yaitu Peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berbasis gender; Peningkatan peran ibu dan keluarga dalam pendidikan/pengasuhan anak; Penurunan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak; Penurunan pekerja anak; dan Pencegahan perkawinan anak.

“Dari 5 isu itu, kami dari Kementerian melihat bahwa hulunya adalah perempuan harus berdaya dalam hal ekonomi. Kalau perempuan sudah berdaya secara ekonomi, isu-isu lainnya itu bisa diselesaikan,” terang Menteri Bintang.

BACA JUGA:  Program Aladin, Anggota Satgas TMMD Bojonegoro Buat Adukan Semen

Selain itu, Menteri Bintang meminta Kadis PPPA Provinsi Lampung untuk dapat memanfaatkan dan mengawal Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat kepada 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung yang dapat digunakan untuk menekan angka kekerasan bekerjasama dengan tenaga pendamping perempuan dan anak.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Bintang memberikan sejumlah bantuan kepada Anak yang Terdampak Covid-19, serta bantuan bagi Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) dan Masyarakat Rama Gunawan.

BACA JUGA:  22 Hari Kerja, Program TMMD 110 Kodim 1206/PSB Sasaran Fisik Hampir Capai 100 Persen.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Lampung Tengah, Anggota DPR RI Komisi VIII, Ketua Komunitas Wanita Tangguh, Jajaran Wanita Hindu Dharma Indonesia. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Kebakaran Hanguskan Venetian Familly Karaoke Metro

LAMPUNG1.COM, Peristiwa kebakaran terjadi di bangunan Venetian Familly Karaoke Kota Metro, pada Rabu (26/1) malam. …