Senin , September 26 2022
Home / Ruwa Jurai / Lampung Timur / Bawaslu Gelar Workshop Penanganan Pelanggaran Pilkada Di Lampung Timur

Bawaslu Gelar Workshop Penanganan Pelanggaran Pilkada Di Lampung Timur

LAMPUNG1.COM, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar Workshop Penanganan Pelanggaran Pilkada, yang diikuti oleh berbagai elemen, baik Pemerintah, Partai Politik, Media, Organisasi Agama, Kepemudaan dan Masyarakat, di Kabupaten Lampung Timur.

Ketua Bawaslu Lampung Timur Uslih, didampingi Kordiv Penanganan Pelanggaran Winarto, pada Selasa (7/12), menyampaikan bahwa kegiatan Workshop tersebut, menghadirkan Narasumber Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Fatikhatul Khoiriyah.

Problematika Penanganan Pelanggaran Pidana, dugaan Pemalsuan Daftar Dukungan Bakal Calon Perseorangan, pada proses perjalanan Pilkada Tahun 2020, di Kabupaten Lampung Timur, menjadi salah satu tema pembahasan pada Workshop Penanganan Pelanggaran Pilkada di Kabupaten Lampung Timur.

BACA JUGA:  Hamparkan Pasir Perbaikan Jalan, TMMD Bojonegoro Wujudkan Semangat Kegotongroyongan

“Pada penanganan Pidana Pilkada, Bawaslu di Kabupaten Lampung Timur, telah melakukan proses hukum terhadap Bakal Calon Perseorangan, yang unsur serta barang buktinya terpenuhi, tetapi tidak bisa dilanjutkan hingga proses Persidangan, karena terlapor melarikan diri, hingga batas waktu yang telah ditentukan oleh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” terang Fatikhatul Khoiriyah.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa dalam proses Penanganan Pelanggaran Pidana Pilkada, terdapat regulasi aturan tentang limitasi waktu untuk melakukan proses hukum, sehingga ketika melewati waktu deadline, proses hukum tidak dapat dilanjutkan.

BACA JUGA:  Terus Berkarya Untuk Berjaya Bersama Team Penggerak Petani Milenial Lampung Barat

Kemudian sesuai regulasi aturan hukum Penanganan Pelanggaran Pidana Pilkada, proses persidangan, harus dihadiri oleh terlapor atau tersangka secara langsung.

“Ini kemudian yang menjadi kendala, ketika kasus Penanganan Pelanggaran Pidana Pilkada dugaan Pemalsuan Daftar Dukungan Bakal Calon Perseorangan, pada proses perjalanan Pilkada Tahun 2020, di Kabupaten Lampung Timur, tidak bisa dituntaskan hingga meja persidangan,” tambahnya. (Eko Arif)

Baca Artikel Menarik di LV

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Hadiri RAKERNAS Akutansi Tahun 2022, Bupati Way Kanan Terima Penghargaan WTP Ke 12 Kali Berturut-turut

LAMPUNG1.COM, Way Kanan — Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Inspektur Daerah Kabupaten, Dra. …