Kamis , Januari 27 2022
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / BPN Kembali Bagikan Sertifikat PTSL, Warga Banjaran Sumringah

BPN Kembali Bagikan Sertifikat PTSL, Warga Banjaran Sumringah

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Pesawaran kembali membagikan sertifikat tanah, kali ini di Desa Banjaran, Kecamatan Padang Cermin, pada Kamis (02/12/2021).

Koordinator Penetapan Hak Bidang Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran ATR/BPN Pesawaran, Beni Afrizal mengungkapkan, sesuai target sebelum akhir Desember 2021 rampung. Semua sertifikat tanah itu
diterbitkan melalui Program Strategis Nasional (PSN)
dibuat melalui Program Tanah Sistematik Langsung (PTSL).

” Sebagian desa sudah jadi sertifikatnya, tinggal mengatur waktu pembagiannya yang masih kita jadwalkan, tentunya akhir Desember 2021 rampung,” ujar Koordinator Penetapan Hak Bidang Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran ATR/BPN Pesawaran kepada lampung1.com di Balai Desa setempat, Kamis (02/12/2021).

BACA JUGA:  Bawaslu Pastikan Pemanggilan Warga Lamtim Atas Dasar Laporan Pelapor

Menurutnya, sertifikat tanah kali ini dibagikan di Desa Banjaran, Kecamatan Padang Cermin, sedikitnya ada 320 sertifikat yang sudah dibagikan ke warga secara bertahap dan ini kedua kalinya.

” Dari 615 sertifikat tanah, 320 sudah dibagikan ke warga, dan sisanya sebelum akhir Desember 2021 sudah rampung, termasuk desa yang lainnya,” ujar Koordinator Penetapan Hak Bidang Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran ATR/BPN Pesawaran ini.

Tidak itu saja, sambung Beni, tentunya berlanjut pembagian sertifikat tanah ini pada pekan depan ke Desa Khepong Jaya, Kecamatan Padang Cermin, secara bertahap sesuai jadwal.

BACA JUGA:  Kapolsek Talang Padang : Saya Tidak Kenal Ampun dan Kompromi

” Untuk itu, kita menghimbau warga yang sudah memegang sertifikat tanah PTSL tersebut dijaga dan manfaatkan dengan baik, hati-hati dengan
rentenir, gunakan secara privat,” pungkas Beni.

Salah satu warga Desa Banjaran, Yulianto (40) menyatakan, PTSL ini sangat membantu, selain mudah, juga meringankan beban warga sehingga menyambut baik dan berharap tahun depan bisa dilanjutkan kembali program nasional PTSL ini.

” Ini berkat sinergitas semua pihak, tentu sertifikat ini kami terima dengan baik, tidak ada kendala, terlebih akan digunakan untuk menambah modal usaha, karena itu kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Jokowi, BPN, Pemdes dan Pokmas, Pak Bupati dan Pak Kapolres dan Ibu Kejari,” ucap Yulianto mewakili warga Desa Banjaran ini.

BACA JUGA:  Pemkab Tanggamus Raih Penghargaan Terbaik I PPD Lampung 2018

Terpisah Ketua Pokmas Desa Banjaran, Suheri menegaskan, sertifikat tanah yang dibuat melalui PTSL ini sudah disalurkan ke warga tanpa ada kendala, bahkan sangat antusias dan merasa terbantu sekali adanya PTSL ini. Dari yang tidak mau, malah bertambah pendaftar PTSL ini ke Pokmas.

” Karena itu warga merasa bersyukur hasil rintisan pokmas ini dinilai berhasil membantu warga sesuai keputusan tiga (3) menteri, diperkuat oleh peraturan desa (Perdes), dan tertuang dalam berita acara hasil kesepakatan bersama,” tandas Suheri, yang juga Ketua BPD Desa Banjaran itu. (Wahyudin)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Kebakaran Hanguskan Venetian Familly Karaoke Metro

LAMPUNG1.COM, Peristiwa kebakaran terjadi di bangunan Venetian Familly Karaoke Kota Metro, pada Rabu (26/1) malam. …