Kamis , Januari 27 2022
Home / Ruwa Jurai / Lampung Selatan / Kades Cintamulya Apresiasi OJK Dorong Ekonomi Masyarakat

Kades Cintamulya Apresiasi OJK Dorong Ekonomi Masyarakat

LAMPUNG1.COM, Lampung Selatan – Kepala Desa (Kades) Cintamulya, Dwi Haryani menyampaikan apresiasi dan terimakasih yang tak terhingga kepada Bapak Bambang Hermanto selaku Kepala OJK Provinsi Lampung.

Hal tersebut disampaikan Kades setempat saat menerima kunjungan OJK Provinsi Lampung bersama insan pers cetak, online, elektronik dan streaming Provinsi Lampung, dalam acara bertempat di Balai Desa Cintamulya, Kecamatan Candipura, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (30/11/2021).

” Melalui salah satu program desa inklusi keuangan, tentunya ini menjadi perhatian khusus OJK kepada Desa Cintamulya sehingga desa ini berkembang dan mandiri. Di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang saat ini mulai tumbuh dan berkembang, terutama dibidang pertanian. Desa Cintamulya disebut sebagai penghasil bengkuang terbesar di tingkat Kabupaten Lampung Selatan,” ujar Kades.

BACA JUGA:  Tak Sangka ! Ternyata Serka Heri Sangat Piawai Bermain Musik Jaranan

Menurutnya, Desa Cintamulya ini memiliki karakteristik berbeda dengan desa-desa yang lain di Kecamatan Candipuro. Selain dikenal sebagai petani bengkuang. Desa ini disebut sebagai desa pendidikan atau desa pesantren.

” Desa Cintamulya ini hampir 70 persen penduduk desa menggantungkan hidupnya dengan bertani, dan 30 persennya menggantungkan hidupnya sebagai peternak ikan patin air tawar, kambing dan sapi, UMKM,” jelas Dwi Haryani.

Lebih dari itu, sambung Kades, Desa Cintamulya dibidang pertanian adalah penghasil jagung, bengkuang atau bengkoang (umbi putih,red), dan padi.
Desa Cintamulya disebut sebagai desa pesantren (desa pendidikan, red) dikarenakan desa ini mempunyai lima lembaga pondok pesantren (ponpes).

BACA JUGA:  Lampung Timur Harus Jadi Pilot Project Pelayanan Publik Yang Baik.

” Termasuk ada lima (5) lembaga formal terdiri dari SD, SMP dan SMK. Jadi warga/penduduk masyarakat Desa Cintamulya ini mayoritas muslim,” pungkasnya.

Salah satu Agen Laku Pandai Desa Cintamulya, Hartato menyampaikan agen laku pandai di Desa Cintamulya ini dikelola oleh BUMDes dan warga secara mandiri, yang sempat terkendala di legalitas BUMDes diawal pembuatan agen Lampung smart.

” Namun Alhamdulillah warga pun banyak yang minat dan butuh setelah komunikasi dengan pihak PT. BPD Lampung KC. Kalianda, warga pun merasakan terbantu dan membawa dampak positif mendorong perkembangan ekonomi masyarakat, sebagian ada yang mengelola ternak sapi, tani bengkuang, dan macam-macam pengambilan pinjaman melalui transmart warga,” jelasnya.

BACA JUGA:  Ridho Berikan Tali Asih Mahasiswa Asal Lampung

Selain itu juga tambah Hartato, layanan lembaga jasa keuangan di desa ini, selain itu juga terdapatnya agen Samsat desa (Samdes,red) terkait layanan pajak kendaraan ini sudah berjalan secara door to door, begitupun Lampung mart dan BUMDes berjalan lancar terhadap pelayanan lembaga keuanagan di Desa Cintamulya.

” Meskipun demikian, terkait One stop layanan itu sudah berjalan dengan baik di BPD Lampung maupun laku pandai itu, tetapi lebih insten mengedukasikan pemahaman investasi dan pasar modal ini terhadap masyarakat, lebih utama OJK untuk memberantas investasi bodong sehingga tidak membawa dampak kepada produk galeri investasi yang saat ini sedang dikembangkan,” ujar Hartato, juga mewakili anggota BUMDes Desa Cintamulya. (Wahyudin)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Kebakaran Hanguskan Venetian Familly Karaoke Metro

LAMPUNG1.COM, Peristiwa kebakaran terjadi di bangunan Venetian Familly Karaoke Kota Metro, pada Rabu (26/1) malam. …