Selasa , Juli 19 2022
Home / ADV / Tingkatkan PAD Pajak Kendaraan, Bapenda Gandeng BUMDes Se-Lampung

Tingkatkan PAD Pajak Kendaraan, Bapenda Gandeng BUMDes Se-Lampung

LAMPUNG1.COM, BANDARLAMPUNG-Untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak kendaraan bermotor (PKB), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung menggandeng 168 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Sang Bumi Ruwai Jurai.

Hal tersebut diketahui pada Rabu (15/12/2021) melalui penandatangan bersama yang tertuang dalam nota kesepahaman atau Memorendum Of Understanding (MoU) di Desa Kampung Bandar Agung, Kecamatan Terusan Nyunyai, Kabupaten Lampung Tengah.

” Dalam nota kesepahaman tersebut sudah lakukan tahap kedua untuk menjalan dan memaksimalkan program aplikasi E-Samdes sehingga akan pentingnya masyarakat membayar bajak kendaraan, tanpa harus datang ke kota atau datang kantor Samsat,” ujar Kepala Bapenda Provinsi Lampung, Adi Erlansyah kepada lampung1.com.

BACA JUGA:  Pelantikan IMBI Lampung 2021-2024, Gubernur Arinal Berharap Para Mogers Jadi Teladan Patuhi Peraturan Lalu Lintas dan Bangkitkan Pariwisata Daerah

Menurutnya, melalui kerjasama ini juga menekan percaloan pada pembayaran PKB maka dari itu kerjasama itu dilakukan hingga menyasar ke pedesaan.

” Sehingga tumbuhnya kesadaran masyarakat akan taat membayar pajak kendaraan bermotor melalui sosialisasi yang disampaikan pihak BUMDes, dan masyarakat pedesaan pun terasa nyaman, dan tak lagi khawatir dalam proses pelayanan pembayaran pajak PKB tersebut,” jelasnya.

Lebih dari itu, sambung Kepala Bapenda bahwa didalam kerjasama dengan BUMDES tersebut, selain Bapenda Provinsi Lampung, juga melibatkan Dirlantas Polda Lampung, Direktur Bank Lampung, Jasa Raharja Lampung dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinas PMD).

BACA JUGA:  Kunjungan Wasev PJO TMMD Reguler 109 TA.2020 Jadi Pemicu Keberhasilan

” Kerjasama dengan BUMDES tersebut terkait tentang Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, jadi para wajib pajak hanya cukup datang ke BUMDES melakukan pembayaran PKB, dan pihak petugas BUMDes melakukan pembayaran PKB melalui aplikasi E-Samdes dan L-Smart,” terangnya.

Tidak itu, saja, tambah Adi, petugas BUMDes tersebut akan membawa semua dokumen persyaratan pengesahan STNK, SKPD/TBPKP, KTP Asli, Struk pembayaran PKB dan Surat Perintah Tugas (SPT) ke Samsat.

BACA JUGA:  Melimpah, Satgas TMMD Bojonegoro Bantu Warga Kalongan Petik Cabai Merah

” Setelah pengesahan STNK dan pencetakan SKPD/TBPKP petugas BUMDes menyerahkan kembali kepada wajib pajak,” pungkasnya. (Red).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Penanaman Benih Jagung Dilahan Milik Kodim 0424

LAMPUNG1.COM, Pringsewu – Sebagai upaya untuk memanfaatkan lahan-lahan yang tidak produktif agar dapat menghasilkan bahan …