Kamis , Juni 16 2022
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / UNJ Sukses Gelar Seminar Nasional Pedagogik

UNJ Sukses Gelar Seminar Nasional Pedagogik

LAMPUNG1.COM, Dipenghujung tahun 2021 Program Doktor (S3) Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sukses menggelar seminar nasional dengan tema A New Orientation in Pedagogy to Inspire Future Education. Kegiatan ini diinisiasi oleh salah satu matakuliah Orientasi Baru Dalam Pedagogik (OBDP) dengan Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd., sebagai pengampu matakuliah tersebut. Seminar ini dihadiri dosen pengampu, dan dibuka langsung oleh Koordinator Program Studi, Dr. Sukarjo, M.Pd., serta diikuti pemakalah mahasiswa S3 Teknologi pendidikan Angkatan 2020 dan 2021 berjumlah 47 orang. Selain itu juga ratusan peserta dari berbagai daerah mengikuti seminar ini dengan antusias. Seminar ini dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom dan youtube live streaming. Seminar dilakukan dua sesi, sesi pertama pemaparan oleh narasumber, sesi kedua dilakukan secara kelompok atau parallel disesuaikan dengan scope penelitian dari pemakalah.
.
Adapun tujuan dari kegiatan seminar yang diselenggarakan pada hari Senin, 27 Desember 2021 sebagai ajang menulis, mempresentasikan, serta membagikan hasil karya dan buah pikiran dari 47 mahasiswa Program Doktor Teknologi Pendidikan UNJ. Hasil pemaparan akan dituangkan ke dalam buku prosiding agar bermanfaat, dinikmati, diakui, dan dihargai keberadaannya oleh masyarakat luas. Prof Dr, Endry dalam sambutannya mengatakan, hasil tugas mahasiswa akan lebih bermanfaat jika dibaca oleh orang banyak, selain itu Ia juga mengatakan banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari matakuliah ini. Antara lain, mahasiswa dan institusi memperoleh HKI, sertifikat, publikasi, sitasi, dan masih banyak lagi, ungkapnya. Begitu juga Koorprodi S3 Teknologi Pendidikan Dr. Sukarjo, M.Pd., dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan semacam ini, ia juga mengatakan bahwa saat ini S3 Teknologi Pendidikan telah memperoleh akreditasi Internaional Aqas baru baru ini (red). Sebuah capaian yang harus dipertahankan dan ditingkatkan melalui forum forum ilmiah seperti ini, ‘lanjutnya.
.
Seminar ini menghadirkan narasumber, yaitu Gogot Suharwoto, Ph.D selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Korea Selatan serta Dr. Rangga Firdaus, M.Kom selaku alumni S3 Teknologi Pendidikan UNJ yang saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Pembelajaran Daring dan Pendidikan Jarak Jauh Universitas Lampung. Seminar interaktif berlangsung selama satu jam dengan materi dan pembahasan yang cukup padat. Pembahasan pertama terkait perkembangan terkini teknologi Pendidikan, baik di Indonesia maupun luar negeri seperti Korea selatan. Termasuk kesiapan pendidik untuk menghadapi era Society 5.0. Seperti halnya paparan dari salah satu pertanyaan yang disampaikan peserta, terhadap permasalahan pembelajaran di Indonesia dan solusi yang ditawarkan. Selain itu juga mengintip proses pembelajaran di Korea Selatan, proses penerimaan guru serta perhatian khusus dari pemerintah, baik secara finansial maupun kompetensi Pendidikan. Selanjutnya sedikit mengulas peran Teknologi Pendidikan dalam kaitannya dengan Kurikulum yang sedang dan akan berjalan.
.
Bayu Saputra, Sebagai ketua panitia berharap, melalui kegiatan ini mampu memperkuat jalinan tali silaturahim. Kerjasama dan jejaring antar mahasiswa khsusunya S3 Teknologi Pendidikan UNJ, peneliti, pendidik, peserta, maupun institusi terkait. Tak lupa kami juga menyampaikan terima kasih kepada para peserta yang telah memberikan atensi kepada pihak panitia penyelenggara, “Saya sangat tertarik dan bersyukur sekali bisa ikut seminar ini. Berharap ada seminar berikutnya dan bisa join lagi,” ucap salah satu guru dari Pekanbaru yang menjadi peserta seminar. Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan dan berkontribusi bagi Pendidikan Indonesa. (Avia/Bayu).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

FORSGI CUP Lahirkan Sang Juara HUT Bhayangkara Ke-76

LAMPUNG1.COM, Pesawaran-Forum Sepakbola Generasi Indonesia (FORSGI) Cup U-9 dan U-12 bersama Polres Pesawaran melahirkan sang …