Sabtu , Mei 14 2022
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / BI Perwakilan Lampung Lakukan Upaya Untuk Pemulihan Ekonomi

BI Perwakilan Lampung Lakukan Upaya Untuk Pemulihan Ekonomi

LAMPUNG1.COM,Bandar Lampung – Di masa pandemi COVID-19,Bank Indonesia (BI) perwakilan Lampung telah banyak melakukan upaya untuk pemulihan ekonomi.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI)Lampung, Yura A. Djalins mengatakan, ada beberapa upaya yang dilakukan BI untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, di antaranya kata dia, dengan mempermudah pelayanan bagi masyarakat, di antaranya dengan BI Fast, merupakan sistem pembayaran ritel nasional yang menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

BACA JUGA:  Kepala Badan Litbang Kemendagri, Agus Fatoni Apresiasi Komitmen Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim Dalam Mendorong Inovasi Daerah

“BI Fast akan beroperasi tanpa henti, berlangsung seketika atau real time, mudah, aman dan murah. Kehadiran BI Fast juga diharapkan mampu mempercepat digitalisasi ekonomi keuangan nasional,” kata dia di sela Diskusi Awal Tahun “Ekonomi Lampung 2020 Dibawa Kemana?” yang digelar Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Lampung, di sekertariat SMSI Lampung, di Jalan Gatot Subroto, nomor 15, Kedamaian, Bandar Lampung, Rabu (19/01).
Ia menuturkan, BI Fast telah bekerjasama dengan banyak bank, BI Fast juga meringankan biaya transfer antar bank, yang sebelumnya Rp6.500 kini dengan BI Past hanya Rp2.500, kemudian dengan memberikan pajak mobil mewah Rp0 persen.
“BI juga mengembangkan UMKM, kebanggaan kita Rafin Snack dan lainnya yang bisa didapat di swalayan diproduksi di Kabupaten Pringsewu dan diekspor ke Mesir. Lampung masih ditopang dengan ekspor,” urainya.

BACA JUGA:  Jalan Sehat Arinal, Duo Intan Ajak Goyang Warga Metro

Ia mengatakan, BI juga mendorong kemandirian pesantren, berbagai pesantren diberi bimbingan pertanian seperti greenhouse budidaya melon.

“Kita lihat Indonesia mayoritas Islam, pesantren potensi luar biasa kita dukung agar mandiri dengan usaha dan dibina dengan BI,” ucapnya.

Diketahui diskusi SMSI ini dihadiri berbagai narasumber, di antaranya Wagub Lampung, Chusnunia Chalim, Perwakilan Bank Indonesia (BI), Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Lampung, Badan Pusat Statistik (BPS), perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa da lainnya. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Bapemperda DPRD Batam Masih Berupaya Selesaikan Pembahasan Harmonisasi Lanjutan Terhadap Ranperda Perkampungan Tua

Lampung1.com – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Batam masih berupaya menyelesaikan pembahasan harmonisasi …