Senin , Juli 4 2022
Home / Ruwa Jurai / Pringsewu / Geliat Pemilu 2024, Ini Kata Rektor Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Geliat Pemilu 2024, Ini Kata Rektor Universitas Muhammadiyah Pringsewu

LAMPUNG1.COM, Pringsewu – Geliat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 walaupun masih terbilang lama dilaksanakan, namun sudah nampak hangatnya politik, sama halnya untuk kabupaten Pringsewu yang juga akan mengikuti pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang direncanakan di tahun 2024 mendatang.

Mengamati hal tersebut. Rektor Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) Lampung Drs.Wanawir Am,M.M.,M.Pd memberikan pemikiran dan masukannya untuk Pringsewu, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (24/1/2022).

Rektor UMPRI ini berharap Bupati dan Wakil Bupati hasil pilihan 2024 itu harus lebih baik daripada sebelumnya jikalau Pringsewu ingin sukses dan maju.

“Itu jika kita mau maju, tapi kalau masih sama saja atau stagnan itu kita rugi, akan lebi bahaya lagi kalau lebih jelek maka celaka masyarakat Pringsewu. Maka siapapun yang akan menjadi pemimpin Pringsewu kedepan harus lebih baik dari yang sebelumnya,”ujarnya.

BACA JUGA:  Pemuda Garda Terdepan Pemberantasan Narkoba

Setelah nanti Bupati dan Wakil Bupati Pringsewu habis masa jabatan di bulan Mei 2022 nanti maka akan diisi oleh Penjabat (Pj) Bupati yang ditunjuk oleh pemerintah sebelum nantinya memiliki Bupati dan Wakil Bupati definitif hasil pemilihan 2024 nanti.

“Nanti Pringsewu akan diisi oleh Penjabat (Pj) Bupati, kedepan ini tentunya sesuai peran pungsi Bupati tupoksinya, jangan hanya menunggu waktu untuk Pemilu. Masalah Pringsewu ini harus terjawab selama 2 tahun ini diharapkan bisa selesaikan program program yang belum terselesaikan atau bahkan dia mungkin membuat program baru yang belum ada, dan kami berharap untuk hal politiknya netral.

Wanawir berharap masyarakat Pringsewu sudah lebih cerdas lagi, bahwa kemajuan daerah itu sangat ditentukan pada kemampuan pemimpin yang pada masa akan datang.

Dalam pemikiriannya Rektor UMPRI ini mencetuskan Pilkada yang dimodifikasi.
“Pilkada yang dimodifikasi itu lebih pada efektivitas dan evesiensi biaya, walaupun selama ini kita ketahui calon tidak membayar namun faktanya mereka mengeluarkan biaya yang banyak karena dia melakukan kampanye sendiri-sendiri. Nah bagaimana kalau kampanyenya ini kita jadikan satu, KPU lah yang menyelenggarakan, kalau saya mengusulkan si calonlah yang membayar KPU sebagai biaya kampanye atau sosialisasi jadi diharapkan banyak manfaatnya yang kita peroleh ketika pelaksanaan pemilihan langsung yang dimodifikasi ini,”paparnya.

BACA JUGA:  Polres Way Kanan Lakukan Vaksinasi Keliling Sekaligus Sosialisasi Pencegahan Covid -19

“Jika kita laksanakan pemilihan umum modifikasi tadi benar-benar rakyat akan bisa menikmati calon pemimpin ini yang punya visi-misi yang jelas, pemimpin yang punya target. Seperti misalnya itukan jabatanya selama 5 tahun, di tahun pertama sampai ke tahun ke 5 itu harus disajikan apa programnya dalam sebuah gran desainnya.

Ketika Dia memimpin Pringsewu harus dibuat scedule yang jelas jangan membiasakan setelah ia duduk namun ia bingung mau mengerjakan apa. Seperti contoh Pendidikan, nah pendidikan kita di Pringsewu ini apa, maka calon pemimpin ini harus tau persoalan daerah yang akan ia pimpin kalau tidak tau dengan persoalannya maka dia tidak akan bisa melakukan upaya apa apa.

BACA JUGA:  Pemkab Pringsewu Berikan Bantuan Dana Hibah Polres Tanggamus

“Jadi calon itu artinya ibarat dalam sebuah penelusuran dalam bekerja dia harus melakukan inventarisasi persoalan dari pendidikan, ekonomi, infrastruktur, dan sampai kepada persoalan persoalan sosial ada apa di Pringsewu ini. itu tadi harus punya target hingga di akhir jabatan itu akan di ukur oleh masyarakat dan itu akan tersampaikan pada masyarakat ini harapan kami. Kita berharap biaya pemilu yang milyaran itu harus menghasilkan pemimpin yang progresip yang dapat menyelesaikan masalah masalah di Pringsewu.(Adi)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Jajaran Tekab 308 Satreskrim Polres Lampung Utara Ringkus Seorang Pencuri Pembobol Rumah

LAMPUNG1.COM,Lampung Utara – Jajaran Tekab 308 Satreskrim Polres Lampung Utara bersama Polsek Abung Semuli meringkus …