Sabtu , Mei 14 2022
Home / Ruwa Jurai / Lampung Utara / SMKN 3 Kotabumi Masuk Program 31 SMK Pusat Keunggulan Provinsi Lampung

SMKN 3 Kotabumi Masuk Program 31 SMK Pusat Keunggulan Provinsi Lampung

LAMPUNG1.COM,KOTABUMI – Gubernur Lampung H. Ir. Arinal Djunaidi lakukan Kunjungan Kerja (Kunker) sekaligus meresmikan SMKN 3 Kotabumi yang masuk dalam program 31 SMK Pusat Keunggulan se-Provinsi Lampung, Kamis (20/1/22).

Kedatangan Gubernur Lampung di SMKN 3 Kotabumi, disambut oleh Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo beserta jajaran dengan mengalungkan selendang Tapis, diiringi tabuhan drumband dan alat musik tradisional.

Dalam sambutannya, Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi menjelaskan bahwa pertimbangan didirikannya SMK Pusat Keunggulan karena kemajuan ilmu pengetahuan yang begitu pesat. Dalam 1 dekade terakhir, khususnya perkembangan teknologi digital telah berimplikasi pada perubahan dratis pada gaya hidup dan cara kerja, ini merupakan Revolusi Industri 4.0.

Begitu hebatnya Revolusi Industri 4.0 mendisrupsi dunia. Berbagai disrupsi ini menciptakan budaya, kebiasaan dan bahasa baru serta cara kerja dan gaya hidup yang lebih efisien.

“Hal itu merupakan gambaran tentang tantangan kita kedepan dalam menyongsong era smart society 5.0, bagaimana menciptakan SDM Indonesia yang Technology Minded, SDM Indonesia yang mampu mentranslate dan menjawab tantangan dengan teknologi yang memudahkan”, ujar Arinal.

BACA JUGA:  Satgas TMMD Bersama Warga Angkat Bongkaran Rumah Panji

Pemerintah juga memberi bantuan fasilitasi kepada SMK-PK tersebut, 29 SMK Negeri dan Swasta, dan 2 SMK Industri. SMK-PK di Kabupaten Lampung Utara yang mendapatkan bantuan adalah SMKN 3 Kotabumi dan SMKN 1 Abung Selatan.

Gubernur berharap lulusan SMK dapat mendukung pengembangan hilirisasi pengolahan hasil pertanian, pengembangan pariwisata, pengembangan UMKM, pengembangan kegiatan jasa dan perdagangan.

Selain itu, Arinal juga menyampaikan berbagai program unggulan untuk meningkatkan sektor Pendidikan di Provinsi Lampung, antara lain dengan diluncurkannya Program Smart School pada tanggal 16 Desember 2019 lalu, yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan yang berbasis teknologi. Hal ini untuk menjawab tantangan perubahan paradigma pendidikan di era digital.

Sementara itu, Bupati Lampung Utara Budi Utomo mengucapkan terima kasih atas kehadiran orang nomor satu dilampung itu. Menurut Budi tentunya Hal ini dapat menambah motivasi bagi jajaran Pemkab Lampung Utara dalam menjalankan tugas pemerintahan dan pembangunan.

BACA JUGA:  Cegah Virus Corona, Satgas TMMD Terus Membagikan Masker Gratis di Sendangkulon

“Pemerintah Kabupaten Lampung Utara sangat mendukung program dan kebijakan dari Pemerintah Provinsi, termasuk program pembangunan di bidang Pendidikan, yaitu Smart School.
Membangun SDM bagi para pelajar adalah sama dengan membangun masa depan daerah, dan juga masa depan bangsa dan negara” Ujar Budi.

Pembangunan di bidang Pendidikan, tentu memiliki cakupan yang sangat luas, sehingga Pemerintah pusat membagi kewenangan pengelolaannya menjadi dua kewenangan. Untuk SMK dan SMA menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi, semantara SD dan SMP menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Selain itu, Kabupaten Lampung Utara konsisten dalam memperkenalkan seni dan budaya daerah ke luar Provinsi Lampung, salah satunya berpartisipasi dalam Festival Payung Indonesia di Yogyakarta, yang merupakan festival kebudayaan tingkat Internasional. Tak hanya itu, Kabupaten Lampung Utara selalu berpartisipasi dalam Festival Tari Remaja di Jakarta, dan juga aktif mengajukan usulan untuk mendapatkan pengakuan atas karya budaya daerah.

BACA JUGA:  Masyarakat Kelurahan Garuntang Membantu TNI Dalam Pembongkaran Bedah Rumah

“ Kabupaten lampung Utara telah berhasil mendapatkan Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang ditetapkan secara Nasional, yaitu Nyubuk Majew, Cangget Agung Lampung, Sebambangan, Ringget, Panggeh, Legenda Paya Cupak, dan pada Tahun 2021 kita mendapatkan 2 tambahan lagi sertifikat Warisan Budaya Tak Benda, yaitu Tabuhan Kelittang Talo Balak dan Tapis Rajo Tunggal,” ungkap Budi.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan secara simbolis Penyerahan 7 Ruang Kelas dari Komite Sekolah Kepada Gubernur Lampung, Penyerahan Penghargaan Pelestarian Budaya dari Gubernur Lampung Kepada Bupati Lampung Utara, serta Peryerahan Bantuan dari Gubernur Lampung Kepada Masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan dan pengguntingan pita peresmian Gedung Pusat Keunggulan Teknik Pemesinan SMKN 3 Kota Bumi. (Zani/Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Sinergitas Pemprov, Karang Taruna Sukseskan Program KPB 

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung-Bentuk sinergitas Pemerintah Provinsi Lampung guna membangkitkan ekonomi kerakyatan kembali Karang Taruna ikut …