Rabu , Januari 26 2022
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / Warga Sidodadi Sumringah Terima Sertifikat PTSL

Warga Sidodadi Sumringah Terima Sertifikat PTSL

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Warga Desa Sidodadi di Kecamatan Teluk Pandan kembali sumringah setelah menerima sertifikat hak atas tanah, melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2021 didistribusikan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ( ATR/BPN), Jum’at (14/01/2022).

Mewakili warga setempat, Budi Purnama (35) menyambut baik dan apresiasi atas penyerahan sertifikat hak atas tanah yang telah diterima dari ATR/BPN Pesawaran, serta pemerintah desa Sidodadi, dan tim kerja Pokmas setempat.

” Alhamdulillah sertifikat sudah kami terima sesuai nama di KTP dan ukurannya, tentunya melalui program ini, besar manfaatnya. Salah satunya memberikan jaminan kepastian hukum terhadap kepemilikan hak atas tanah oleh masyarakat,” ucap Budi kepada lampung1.com, Jum’at (14/01/2022) di Balai Desa setempat.

BACA JUGA:  Cek Penegakan Prokes, Panglima TNI Dan Kapolri Kelilingi Dua Pasar Di Bali

Selain Budi, turut Saleh Kasim (78) warga Sidodadi menyambut baik dan apresiasi kepada pemerintah desa Sidodadi dibawah kepimpinan Kepala Desa Tunggal, dimana selain terealisasinya sertifikat PTSL telah diterima, juga menjamin kepastian hukum kepemilikan hak atas tanah.

” Jadi, kami mendukung program inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk menunjang pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, baik sandang, pangan, dan papan. Terima kasih tim kerja Pokmas Desa Sidodadi, dan semua pihak,” ucapnya.

BACA JUGA:  Babinsa Koramil 422-07/Batu Brak Membantu Petani Melaksanakan Penyulaman Padi Di Sawah

Dalam kesempatan itu, Kades Sidodadi Tunggal mengingatkan sertifikat PTSL yang telah diterima itu diharapkan dijaga dan dirawat, jangan mudah meminjamkan kepada saudara atau teman.

“Dikhawatirkan disalahgunakan, dan berimbas kepada diri kita sendiri, gunakan untuk diri sendiri dan keluarga, karena sertifikat yang sudah diterima itu besar manfaatnya, termasuk kepemilikan hak atas tanah itu sudah diakui negara,” jelasnya.

Tunggal menambahkan, pendaftaran tanah atau pembuatan sertifikat tanah selama ini menjadi pokok perhatian pemerintah Desa Sidodadi kepada masyarakat untuk memberikan jaminan kepastian hukum terhadap kepemilikan hak atas tanah.

BACA JUGA:  Bupati Mesuji : Masyarakat Harus Tanggap Bencana Alam

” Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, pemerintah desa sudah ketiga kalinya mengikuti program pemerintah pusat dari mulai PRONA, terakhir PTSL, melalui Kementerian ATR/BPN. Alhamdulilah sekarang sudah terpenuhi semua kepemilikan hak atas tanah masyarakat, termasuk aset desa, guna kedepannya tidak menimbulkan permasalahan ketika serahterima jabatan sebagai kades,” tandasnya. (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Danbrigif 4 Marinir/BS Terima Kunjungan PT. Aman Jaya Perdana

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Komandan Brigif (Danbrigif) 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Harry Indarto menerima kunjungan PT. Aman Jaya …