Sabtu , Mei 14 2022
Home / ADV / Musrenbang RKPD Kabupaten Tanggamus Digelar

Musrenbang RKPD Kabupaten Tanggamus Digelar

LAMPUNG1.COM, Tanggamus – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Tanggamus resmi digelar, pelaksanaan kegiatan Musrenbang bertempat di GOR RATU Tanggamus, dan dibuka secara simbolis oleh Gubernur Provinsi Lampung Ir. H Arinal Djunaidi, ditandai dengan melakukan pemukulan Gong sebagai tanda dibukanya Musrenbang Tahun 2023 secara resmi, Rabu (16/03/2022).

Dengan tema, peningkatan produktivitas untuk penguatan ekonomi dan daya saing daerah, dengan visi-misi Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera. Dalam kesempatan ini turut hadir mendampingi Gubernur Provinsi Lampung, Kadis Kesehatan Lampung Dr. dr Reihana, M.Kes, Kepala Bappeda Lampung serta jajaran OPD Pemprov Lampung lainnya.

Sementara itu dalam laporannya panitia Pelaksana Musrenbang yang di sampaikan oleh Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya Mega, dasar pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kabupaten Tanggamus ini berpedoman kepada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004

Disampaikan oleh Hendra Wijaya, tujuan musyawarah perencanaan pembangunan ini adalah untuk, mensinkronkan prioritas kegiatan pembangunan yang berasal dari hasil Musrenbang Pekon/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan, Konsultasi Publik dan Forum Gabungan Perangkat Daerah dengan Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja-PD) Tahun 2023.

Merumuskan dan memformulasikan isu-isu dan permasalahan pokok pembangunan yang berkembang dalam dokumen rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023. Merumuskan dan menetapkan Kebijakan Umum Anggaran Kabupaten Tanggamus Tahun 2023 yang bersinergi dengan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Pembangunan Provinsi Lampung dan Nasional.

BACA JUGA:  Meyrodi Sugarda Gantikan Agus Purnomo Sebagai Kakan BPN Tuba

” Kegunaan Musrenbang Kabupaten Tanggamus Tahun 2022 ini, adalah sebagai acuan dalam penyusunan program dan kegiatan pembangunan Kabupaten Tanggamus Tahun 2023. Sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Tanggamus Tahun 2022 ini, yaitu tercapainya perencanaan pembangunan yang optimal, dengan memadukan berbagai aspirasi masyarakat, setelah dilaksanakan pembukaan pada hari ini, maka akan dilaksanakan desk verifikasi usulan masyarakat melalui Musrenbang dan Pokok-Pokok Pikiran DPRD melalui aplikasi SIPD
Kemendagri,”pungkas Hendra Wijaya Mega.

Dalam sambutannya Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani mengatakan, bahwa dalam rangka peningkatan pelayanan dasar masyarakat, program/kegiatan pembangunan daerah yang dirumuskan dalam rancangan RKPD Tahun 2023, harus disesuaikan dengan kewenangan pemerintah daerah, dalam upaya tercapainya standar pelayanan minimal. Sebab hanya dengan cara ini secara komprehensif, dapat memecahkan permasalahan pembangunan daerah, melalui penyediaan infrastruktur dan pelayanan dasar masyarakat, serta pengurangan kesenjangan pembangunan antar daerah yang masih dipengaruhi pandemi Covid-19, sehingga dari itu tema pembangunan tahun 2023 yang diangkat yaitu, “Peningkatan Produktivitas untuk Penguatan Ekonomi dan Daya Saing Daerah”.

” Dalam rangka pembangunan tahun 2023 yang akan datang, Kabupaten Tanggamus telah mengidentifikasi isu strategis yang perlu segera dibenahi, salah satunya adalah terkait penguatan ekonomi akibat dampak Covid-19. Awal tahun 2020 ditandai dengan merebaknya pandemi Covid-19, yang mengakibatkan perekonomian dunia terkontraksi termasuk Kabupaten Tanggamus minus 1,77%, akan tetapi pada tahun 2021 mengalami perbaikan dengan berhasil tumbuh positif 2,3%, meskipun masih dibawah Provinsi Lampung yang tumbuh 2,79% dan Nasional 3,69%, oleh karena itu penguatan ekonomi terutama sektor UMKM dan sektor informal lainnya akan menjadi perhatian khusus, guna mendorong daya beli masyarakat, termasuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok, sehingga target pertumbuhan ekonomi sebesar 4% dapat dicapai pada tahun 2023,”Ucap Bupati Tanggamus.

BACA JUGA:  TNI Dan Warga Gotong Royong Bangun Rumah Warga Sasaran TMMD Bojonegoro

Sementara itu Gubernur Lampung Arinal Djunaidi ketika menyampaikan arahannya sekaligus membuka kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2023, memberikan apresiasi dan ucapan selamat untuk Kabupaten Tanggamus, sebab telah terpilih dan lolos penilaian tahap satu serta mewakili Provinsi Lampung, dalam pembangunan daerah tingkat Nasional.

Kegiatan pelaksanaan Musrenbang ini diharapkan tetap membuktikan komitmen jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus, untuk dapat terus melibatkan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan secara terbuka, agar rencana pembangunan untuk lebih memperhatikan aspirasi, keinginan dan harapan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Saat ini kondisi situasional terkait Covid-19, semua daerah tengah dalam masa peralihan dari masa pandemi menuju endemi, sehingga dibutuhkan perencanaan untuk penguatan ekonomi dan berdaya saing.

” Rencananya kedepan di Tanggamus akan ada pembuatan pelabuhan penyebrangan, untuk membantu pelabuhan panjang yang kian padat, juga nantinya agar bisa melakukan pengiriman hasil bumi dan akses transportasi masyarakat, selain itu juga akan didirikan Industri maritim yang siap dibangun oleh PT. Pelindo,”

BACA JUGA:  31 RTLH Ditargetkan Rampung Diperbaiki Pada Akhir Oktober Ini

” Kemudian akan ada pelaksanaan pembangunan infrastuktur jalan mulai dari Talang Padang-Ulu Belu tembus ke Lampung Barat, untuk itu saya minta segera di selesaikan permasalahan pembebasan lahan dengan cara tetap menguntungkan semua pihak. Saya turut pula berpesan supaya kita selalu menjaga Taman Nasional dan ikut mengendalikan kawasan hutan, guna kelangsungan hidup serta mendukung perekonomian di Provinsi Lampung. Harapan saya Kabupaten Tanggamus ini, mampu melakukan kegiatan pembangunan daerah dari segi apapun, akan tetapi apabila tidak mampu nantinya akan diambil alih oleh Bappeda Provinsi atau langsung kita serahkan ke Pemerintah Pusat,”Pungkas Gubernur Lampung.

Kehadiran rombongan Gubernur di sambut oleh Bupati Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE.MM, Wabup H. AM. Syafi’i, S,Ag, Sekretaris Daerah Drs. Hamid Heriansyah Lubis, Kepala Bappelitbang Hendra Wijaya Mega, S.T, M.T, M.M, Wakil Ketua III DPRD Tanggamus Kurnain, Stap Ahli, Asisten I, II, dan III, Dandim 0424 Tanggamus 0424 Tanggamus, Letkol ARH Micha Arruan, S.E., M.M., Perwakilan Polres Tanggamus, Kepala Badan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab setempat, kemudian Camat se-kabupaten Tanggamus, serta perwakilan dari berbagai perusahaan yang ada di Kabupaten Tanggamus. (ADV)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Bupati Lamsel Pimpin Peringatan Hari Pendidikan Nasional

Lampung1.com, Lamsel – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 …