Jumat , Mei 13 2022
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / Porprov IX, Ketum KONI : Waspadai Permasalahan Pendaftaran Atlet

Porprov IX, Ketum KONI : Waspadai Permasalahan Pendaftaran Atlet

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Pada setiap pelaksanaan pesta olahraga empat tahunan se-level Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) memang hampir selalu ditemukan berbagai persoalan di lapangan, terutama dalam pendaftaran atlet. Meskipun tidak selalu muncul, namun perlu diwaspadai sejak awal.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung, Yusuf S. Barusman mengingatkan agar dalam Porprov IX yang meskipun masih tentatif pada bulan November 2022, harus diupayakan seaman mungkin dari hal-hal kecurangan-kecurangan terkait status atlet yang menjadi wakil dari KONI daerah.

BACA JUGA:  Suramto : "TNI Satgas TMMD Sering membantu Pekerjaan Rumah Saya''

Salah satunya adalah tentang perpindahan atlet dari satu daerah ke daerah lain sepanjang masih dalam lingkup provinsi Lampung, juga ada kemungkinan bahwa daerah tertentu memanggil atlet yang selama ini kuliah di daerah.

“Ya dibuat saja acara sedemikian rupa yang dibuat bersama-sama KONI Kabupaten Kota se Lampung. Administrasi yang jelas sangat diperlukan. Misalnya dengan dibuktikan KTP elektronik atau bukti lain agar bisa membatasi kemungkinan “mengimpor atlet” dari luar Lampung.” Katanya.

BACA JUGA:  Waka Polres Lambar Pimpin Sidang Pengumuman Hasil Pemeriksaan Administrasi Awal Penerimaan Polri TA. 2020

Dia mencontohkan, misalnya ada Mahasiswa Lampung yang kuliah di luar daerah se Indonesia, boleh saja turut didaftarkan kontingen daerah tertentu, asal persyaratannya jelas dan tidak dibuat-buat.

“Terpenting dibuat aturan dan persyaratan yang jelas sejak awal. Sehingga semua pihak memahami dan menyetujuinya. Tujuan Prorpov yang terpenting dalah memunculkan potensi dan bakat-bakat atlet baru di semua cabang olahraga sebagai bentuk pembibitan jangka panjang,” tambah Rektor UBL itu.

BACA JUGA:  Polisi Tangkap Pencuri Dana Desa Di Lampung Timur

Ini menjadi penting, karena pesta akbar se provinsi ini harus jauh dari perbuatan non sportif yang akan menodai nilai-nilai sportivitas dalam olahraga.

Yusuf juga mengingatkan bahwa Porprov ini adalah hajatnya pemerintah Provinsi Lampung, dimana KONI sebagai mitra Pemprov akan berkonsultasi dan menjalankan tugas teknis dengan cermat dan tepat. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Tanpa Lelah, Srikandi Dermawan Genjot Baksos di Dua Kecamatan

LAMPUNG1.COM, Pesawaran- Kegiatan sosial menjadi kegiatan rutin Srikandi Dermawan Kabupaten Pesawaran, terutama di Jum’at berkah, …