Sabtu , Juli 2 2022
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / Dorong PAD, PD PABPDSI Pesawaran Support Wisata Pahawang

Dorong PAD, PD PABPDSI Pesawaran Support Wisata Pahawang

LAMPUNG1.COM, Pesawaran-Rapat Koordinasi dan Halal Bihalal Pengurus Daerah Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PD-PABPDSI) Kabupaten Pesawaran dongkrak potensi Desa, salah satu diantaranya wisata Pahawang di Desa Pulau Pahawang Kecamatan Marga Punduh Kabupaten Pesawaran.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PD-PABPDSI Kabupaten Pesawaran, Harpan, S.Kom, didampingi Sekretaris PD-PABPDSI, Septri Yuanda, S. Pd. dalam acara tersebut hadir pengurus dan anggota BPD Perwakilan Desa Se Kabupaten Pesawaran, di Villa Kudus, milik Mr. Jo, Dusun Cukuh Bedil, Desa Pahawang, Senin (16/05/2022).

” PD-PABPDSI Kabupaten Pesawaran menyambut baik dan mendukung semua Pemerintah Desa terkait potensi yang ada untuk terus dikembangkan, diantaranya potensi wisata, salah satunya wisata Pulau Pahawang, layak kita dukung,” jelas Harpan.

Mengingat sambung Harpan, belum lama ini Pahawang masuk Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) sebagai 50 nominasi tingkat Nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI).

BACA JUGA:  Mobilnya Hilang, Bos Coklat Di Lampung Timur, Lapor Ke DUKUN.

” Berkenaan hal tersebut, tentu tugas BPD, selain menjalankan tupoksi sebagai mitra strategis Pemerintah Desa juga harus mendorong penggalian potensi desa yang ada seperti Desa Pulau Pahawang,” ujar Harpan, turut hadir Camat Marga Punduh Zulkifli Nuh, serta Kepala Desa Pahawang, Ahmad Salim.

Masih Harpan menambahkan, memang pada kenyataannya Kabupaten Pesawaran memiliki banyak potensi wisata yang diakui skala nasional maupun internasional comtohnya wisata Pulau Pahawang dan Pulau Wayang.

” Ini luar biasa sebagai destinasi unggulan Kabupaten Pesawaran, terlebih patut didukung dalam rangka mendongkrak PAD di Desa dan Pemkab Pesawaran,” jelas Ketua PD PABPDSI ini.

Kepala Desa Pulau Pahawang, Ahmad Salim menyampaikan, hal tersebut sebagaimana makna dari Mars BPD sebagai pelopor tata kelola Pemerintahan Desa dan menjaga wibawa pemerintahan desa dan kelembagaan, dengan tujuannya sama untuk membangun wilayah masing-masing.

BACA JUGA:  Bangga Berfoto Bersama Bule Jerman di Obyek Wisata Curug Nangga Petahunan Banyumas

“Masuknya nominasi 50 besar AWDI dari Kemenparekraf RI itu, berkat kerja keras selama tiga bulan yang diikuti 4 ribuan desa wisata Indonesia. Dan hasilnya alhamdulillah Pahawang masuk 50 besar mewakili Provinsi Lampung. Ini berkat doa dan kerja keras kita semua,” kata dia.

Ia juga menyebut destinasi Pulau Pahawang ini memberi dampak positif masyarakat yang datang berwisata, selain sebagai sumber pendapatan ekonomi masyarakat Kabupaten Pesawaran.

” Juga dampak positif bagi pelaku usaha wisata sehingga perekonomian berjalan, dan meningkat untuk kesejahteraan masyarakat, meski sempat vakum selama dua tahun akibat dari dampak pandemi covid-19,” ujar Kades.

Untuk itu lanjut Salim, melalui forum ini mengajak pengurus dan anggota BPD Perwakilan Desa Se-Kabupaten Pesawaran, terus bergeliat menggali potensi yang ada di desa demi membangun kesejahteraan masyarakat.

” Jika dibutuhkan untuk saling berbagi pengalaman, saya siap membantu bagaimana mengembangkan potensi yang ada di desanya agar maju dan berkembang, dengan harapan BPD dan Kepala Desa saling bergandengan tangan, bahu membahu, termasuk semua stakeholder,” tandasnya.

BACA JUGA:  Polisi Bekuk Pengedar Narkoba Di Lampung Timur

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, melalui sambutan tertulis yang dibacakan Camat Marga Punduh, Zulkifli Nuh sangat mengapresiasi kegiatan Rakor dan Halal Bihalal PABPDSI Pesawaran hari ini.

” Karena itu saya mengajak setiap anggota BPD untuk bersama-sama membangun kekuatan dalam pembangunan desa yang sepenuhnya bersumber dari pemahaman terhadap Otonomi daerah,” jelasnya.

Tentunya sambung Camat, berkeyakinan bahwa saudara sekalian mempunyai pemahaman yang sama dalam mengimplementasikan amanat undang-undang.

” Demikian yang dapat saya sampaikan Semoga apa yang kita laksanakan hari ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pesawaran dan semoga Allah subhanahu Wa ta’ala memberikan petunjuk kepada kita Semua,” tandasnya. (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Brigif 4 Marinir/BS dan Polda Lampung Bersama Dalam Tour Presisi Lampung

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke 76 yang jatuh pada tanggal 1 …