Sabtu , Juli 2 2022
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / Dr. (Can) Muhammad Basri, S.Pd., M.Pd., Dekan FKIP Unila Terpilih Masa Bakti 2022-2026

Dr. (Can) Muhammad Basri, S.Pd., M.Pd., Dekan FKIP Unila Terpilih Masa Bakti 2022-2026

LAMPUNG1.COM, Dr. (Can) Muhammad Basri, S.Pd., M.Pd. terpilih sebagai dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung periode 2022-2026, mengalahkan dua calon lainnya yaitu Prof. Dr. Herpratiwi, M.Pd., dan Dr. Nurhanurawati, M.Pd.,. M. Basri Unggul 24 suara dari 25 suara pemilih yaitu senat FKIP Unila dan Rektor Unila, satu suara tidak sah. Proses pemilihan dilaksanakan menggunakan sistem coblos gambar calon di bilik suara secara bergantian. Pelaksanaan pemilihan dilaksanakan pada Selasa (24/5) di ruang sidang FKIP Universitas Lampung.

Wakil Rektor bidang Akademik, Prof. Dr. Heryandi, S.H., M.S., saat ditemui eduspot setelah pemilihan Dekan mengatakan; transisi kepemimpinan menjadi hal yang biasa, jangan dipahami sebagai pertempuran saling menjatuhkan, ucapnya,” lebih lanjut ia mengatakan pemilihan pimpinan dilakukan untuk mewarnai sebuah organisasi.

Selanjutnya Ia berpesan untuk dekan terpilih, sedikitnya ada tiga hal. Tigal hal yang harus dicermati yaitu; pertama berkaitan dengan partisipasi potensi, kedua meyusun program program yang bagus, program lama harus berkesinambungan, ia juga mencontohkan jangan sampai program yang dibuat tidak selesai, “bangunan gedung satu belum selesai sudah bangun gedung lainnya, contoh lainnya” akreditasi belum beres sudah membuka program studi baru lagi,” terangnya. ketiga “perlu disadari bahwa apun alasannya kita kerja itu perlu kenyamanan, meskipun ruangannya tidak besar, tidak mewah tetapi bisa nyaman itu yang harus diperhatikan kedepan sehingga kita benar benar bisa masuk pada tataran yang diharapkan yaitu pada World Class Univercity. Lebih lanjut Ia mengatakan, karena FKIP merupakan basis dari proses pengajaran maka, harapannya bisa menjadi contoh teladan FKIP Kedepan,” tutupnya.

BACA JUGA:  Danramil 11/Sidareja Dampingi Bupati Cilacap Resmikan Pertahashop di Desa Pegadingan Cipari

Dekan terpilih, saat ditemui Eduspot mengatakan bahawa visi misi kedepan sesuai pesan dari Wakil Rektor dan Rektor Universitas Lampung. Ia akan konsentrasi menyelesaikan masalah akreditasi dengan IKU (indicator utama red) yang sangat rendah. Selanjutnya Dr. M. Basri, M.Pd akan menyelesaikan permsalahan di tingkat program studi (prodi). Hal yang dilakukan dimulai dengan menginventarisir permasalahan di prodi tentang jumlah dosen, baik prodi yang kelebihan maupun kekurangan dosen untuk dicarikan solusi. Ia juga mengatakan tentang jumlah dosen yang akan pensiun secara besar besaran dalam waktu lima tahun kedepan. Hal tersebut menjadi pertimbangan untuk diusulkan kepusat, kalau tidak diusulkan dosen kita akan habis,” ucapnya.

BACA JUGA:  Terbantu, Warga Inginkan Ada Sunatan Massal Jilid II di TMMD Kodim Kendal

Dr. (Can) Muhammad Basri menyoroti tentang ruang. Ia juga akan fokus untuk membenahi ruangan kuliah, mengganti kursi yang rusak dengan kursi yang baru. Sehingga akan tertata dengan rapih antara ruang kuliah dengan ruangan lainnya.

Dalam programnya ia mengatakan, pihaknya akan melakukan konsolidasi dengan dekan lama terkait dengan program yang sudah ada dan yang belum. Program yang positif tetap dijalankan dan diberikan dorongan, yang belum akan dibenahi. “ini menjadi program utama dan amanat dari Rektor,” Tegasnya.

Selain itu penguatan pada liga IKU (red) FKIP memperoleh suara kecil meskipun masuk pada 10 besar. Pada bidang kerjasama M. Basri mengatakan bahwa pihaknya akan memperbaiki jalinan kerjasama yang dibina oleh dosen harus terdata di fakultas. Ia akan mencangkan one data sebagai Big Data di FKIP Unila. Hal itu direncanakan guna untuk mendukung proses akreditasi program studi agar berjalan lancar dan memperoleh hasil yang maksimal. “Semua dosen diminta menyecan data lalu semua terkumpul dalam sistem,” Terangnya.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Lampung Lesty Putri Utami Beri Bantuan Pada Polsek Candipuro

Lebih lanjut pihanya mengatakan, “Saya juga minta dukungan rekan-rekan tenaga pendidik (tendik) maupun dosen, baik senior maupun junior, “tuturnya, dalam hal pengembangan FKIP kedapan. Senior mengarahkan pada yang muda untuk memaksimalkan energi muda yang kuat. Yang muda adalah kelompok balita; balita maksudnya dibawah usia 50 tahun,”tutupnya sambil bercanda saat diwawancarai di luar ruang pemilihan.

Sementara itu ketua Senat FKIP Unila, Dr. Farida Ariyani, M.Pd. saat ditanyai tanggapan pelakasnaan pemilihan, “Alhamdulillah FKIP Sejuk”, ungkapan syukur atas berjalannya pemilihan dengan lancar. “Saya selaku ketua senat bangga dengan teman-teman senat yang berjumlah 16 orang, sejak Februari hingga hari ini kami kerja bersama, bukan kerja sama, bekerja bersama sesuai tupoksinya,” jelasnya. Dr. Farida dan bersama tim senat juga akan mengawasi kinerja dari pimpinan kedepan, “tambahnya. Ia berharap bahwa yang tidak baik diperbaiki. “Kumpulkan yang lebih lebih, baru kita sampai, buang yang kurang kurang, itu prinsip jadi kalau ada kelebihan satukan semuanya insyaAllah,” tutupnya. (By)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Peringati HUT Ke-61 IKWI Provinsi Lampung Lakukan Kunjungan Ke Penderita Stunting di Empat Titik Yang Berbeda Di Bandar Lampung

LAMPUNG1.COM,Bandar Lampung,-  Dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-61 Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) …