Sabtu , Juli 2 2022
Home / Ruwa Jurai / Kota Metro / Melirik Potensi Budidaya Tanaman Porang Di Kota Metro

Melirik Potensi Budidaya Tanaman Porang Di Kota Metro

LAMPUNG1.COM, Kota Metro, ternyata menjadi salah satu kawasan yang saat ini menjadi pusat budidaya dan pengembangan tanaman Porang (Amorphophallus muelleri) atau Iles-Iles, di wilayah Provinsi Lampung.

Ketua Petani Porang Metro Lampung, Pakde Wanto, menjelaskan bahwa Pengembangan atau Budidaya Porang ini, berlokasi di Kelurahan Ganjar Asri, Kecamatan Metro Barat, dibawah naungan CV Ngudi Asri Makmur.

Selain menampung hasil panen, mengembangkan Benih (Bibit Porang), pihaknya juga terus menyiapkan sarana pupuk organik, untuk mengoptimalkan budidaya tanaman yang masuk klasifikasi umbi-umbian, dengan kemampuan tinggi batang pohon mencapai 1.5 meter, dan ternyata aman dikonsumsi oleh manusia.

BACA JUGA:  Seorang Petani Di Braja Selebah, Tewas Tersambar Petir

Produk turunan Porang, antara lain adalah sebagai bahan pembuat makanan, farmasi, kosmetik, hingga industri kimia, yang banyak dibutuhkan oleh negara luar, seperti Jepang, Korea, Taiwan, Vietnam, Tiongkok, Thailand, Australia, Hongkong, hingga Eropa.

Apabila penanaman menggunakan umbi, porang bisa mulai dipanen pada usia 7 bulan, sedangkan jika menggunakan bibit, porang baru bisa dipanen pada usia tanam 18-24 bulan, dengan kwalitas dan bobot umbi, menyesuaikan kondisi iklim, lahan dan perawatan.

Pihaknya menjelaskan bahwa secara tehnis, harga jual hasil panen tanaman Porang, dipengaruhi oleh kadar Glukomanan, dengan kisaran harga saat ini, sekitar 4 ribu rupiah perkilonya.

BACA JUGA:  Peringati HUT IMI ke 116, IMI Lampung Gelar Kejuaraan Drag Race dan Drag Bike

“Petani tidak perlu khawatir, karena jika kadar Glukomanan didalam umbinya tinggi, maka harga jual Porang saat panen, bisa jauh diatas 4 ribu rupiah perkilonya,” terang Pakde Wanto.

Oleh karena itu, para petani sebaiknya mengikuti petunjuk tehnis, saat akan mulai melakukan proses penanaman, sehingga kualitas dan hasil panen tanaman Porangnya benar-benar maksimal.

“Waktu tanam porang yang baik, adalah saat memasuki musim hujan, karena tanaman ini memerlukan kelembapan dan kadar air yang tinggi,” ujarnya.

BACA JUGA:  Mutlak Penyuluhan Pertanian Bagi Warga Sasaran TMMD

Pakde Wanto membuka ruang komunikasi dan koordinasi seluas-luasnya, bagi masyarakat yang berminat mengembangkan dan membudidayakan tanaman Porang di Kota Metro atau dari wilayah-wilayah lainnya.

“Yang tertarik bertani atau ingin tau lebih jauh soal potensi tanaman Porang, silahkan datang ke lokasi Demplot Pengembangan Porang CV Ngudi Asri Makmur, di belakang gedung Futsal, jalan Kelapa Muda, No 2, RT/RW 05/02, Kelurahan Ganjar Asri, Kecamatan Metro Barat,” tambahnya. (Eko Arif)

Baca Artikel Menarik di LV

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Peringati HUT Ke-61 IKWI Provinsi Lampung Lakukan Kunjungan Ke Penderita Stunting di Empat Titik Yang Berbeda Di Bandar Lampung

LAMPUNG1.COM,Bandar Lampung,-  Dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-61 Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) …