Sabtu , Juli 2 2022
Home / Ruwa Jurai / Pringsewu / Meski Ada Sedikit Kendala Pilkakon e-voting Pringsewu Berjalan Kondusif

Meski Ada Sedikit Kendala Pilkakon e-voting Pringsewu Berjalan Kondusif

LAMPUNG1.COM, Pringsewu – Untuk pertamakalinya dikabupaten Pringsewu melaksanakan Pemilihan Kepala Pekon yang dilakasanakan secara e-Voting. Pilkakon serentak se-Kabupaten Pringsewu 2022 ini dilaksanakan pada Rabu (18/5/2022) yang digelar di 19 pekon di 8 kecamatan serta diikuti 55 calon kapekon.

Termasuk salah satunya Pekon Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu yang diikuti oleh 4 calon kepala Pekon yaitu nomor 1. Sofyanto, nomor 2. Eko Basuki, nomor 3. Erwin Jaya Putra dan nomor 4. Abidiyanto.
Antusias warga mengikuti Pilkakon ini untuk memberikan hak pilihnya. Panitia menyediakan 10 Tempat Pemungutan Suara (TPS), dimana jumlah total mata pilih pekon Waringin Sari Barat sendiri ada 4.701 suara. Rangkaian Pilkakon ini bejalan lancar hingga perhitungan perolehan suara.
Pelaksanaan Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) Serentak 2022 dengan cara e-voting di Pringsewu berjalan cukup kondusif, khususnya di Pekon Waringin Sari Barat, Kecamatan Sukoharjo.
Kendati sempat diwarnai dengan sedikit peristiwa yakni bergesernya layar komputer berdampak error karena sensitivitas yang tinggi pada layar di tempat pemungutan suara (TPS) 5, sehingga para pemilih didampingi Panitia supaya tidak ada kendala.

BACA JUGA:  Perlu TPF, Untuk Sikapi Kasus Seleksi Calon Bawaslu Lampung

“Kendala tersebut sudah bisa diatasi, hanya saja warga harus didampingi agar tidak asal pencet”,ungkap Camat Sukoharjo, Yuli Saptikawati, S.Pd., MM., saat meninjau jalannya Pilkakon setempat.

Dalam pelaksanaan Pilkakon sistem e-voting ini, Pemilih harus melalui Tiga tahap yakni Pertama Pemilih harus memilih calon Kakon dengan cara mengklik pilihannya. Lalu yang Kedua Pemilih harus mengambil/menyobek kertas hasil menyentuh layar dari mesin cetak dan memasukannya ke kotak yang sudah disediakan, dan Ketiga Pemilih harus melakukan foto tampak muka tanpa masker dengan menempelkan e-KTP di mesin foto.

BACA JUGA:  Akhir Penugasan Anggota Satgas TMMD 110, Salam Perpisahan

Berdasar pantauan awak media berikut hasil suara di Pilkakon Waringin Sari Barat, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu secara e-Voting. Berdasar perhitungan suara, hasilnya menunjukan nomor urut 2. Eko Basuki unggul dengan jumlah 1.104 Suara.

Tri Hartono selaku Sekretaris Dinas PMP Pringsewu yang berada di Media Center Aula Bupati saat dikonfirmasi via Telepon mengatakan bahwa data-data pekon yang telah masuk sudah final. Sudah ada Pekon yang telah mengumumkan pemenang dari pilkakon di daerah tersebut diantaranya Pekon Waringin Sari Barat.

“Data ini benar sudah fix artinya mereka telah mengirimkan data dari tiap TPS di Pekon tersebut ke dalam sistem dashboard”,katanya.

Ditambahkan oleh Tri Hartono hingga pukul 18:35 WIB., baru 5 Pekon yang telah selesai melaporkan hasil rekapitulasi hasil suara.

BACA JUGA:  DPRD Tanggamus Gelar Pembahasan LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati Tanggamus Priode 2013-2018

Sementara itu dalam perhitungan akhir Berdasar perhitungan suara, hasilnya nomor urut 2. Eko Basuki mengungguli perolehan dari calon yang lainya dengan perolehan 1.104 Suara.

Dimana dengan jumlah Total Suara masing-masing Calon Kepala Pekon Waringinsari Barat yaitu Calon Nomor 1. Sofiyanto : 735 (23,44%), Calon Nomor 2. Eko Basuki : 1.104 (35,20%), Calon Nomor 3. Erwin Jaya Putra : 240 (7,65%), Calon Nomor 4. Abidiyanto : 1.057 (33,71%)
Dengan jumlah total mata pilih : 4.701, suara sah : 3.136, suara tidak sah : 67, jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih : 3.203. Dengan demikian hasilnya menunjukan nomor urut 2. Eko Basuki unggul dengan jumlah 1.104 Suara. (Adi)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Brigif 4 Marinir/BS dan Polda Lampung Bersama Dalam Tour Presisi Lampung

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke 76 yang jatuh pada tanggal 1 …