Sabtu , Juli 2 2022
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / OJK : Covid-19 Terkendali, Ekonomi Triwulan I 2022 Positif Baik

OJK : Covid-19 Terkendali, Ekonomi Triwulan I 2022 Positif Baik

LAMPUNG1.COM, Bandarlampung-Kinerja Industri Jasa Keuangan di Provinsi Lampung Triwulan I-2022 muncul pertumbuhan ekonomi yang positif, belum lagi aktivitas sosial ekonomi cenderung lebih baik lagi kedepan.

Hal tersebut disampaikan Kepala OJK Provinsi Lampung Bambang Hermanto saat Sosialisasi Update Satgas Waspada Investasi dan Pemaparan Kinerja Industri Jasa Keuangan di Provinsi Lampung Triwulan I-2022, bertempat di Hotel Sheraton, Bandarlampung, Kamis (19/05/2022).

” Karena ini menunjukkan terkendalinya penanganan covid-19, juga kembali pulihnya aktivitas sosial dan aktivitas ekonomi, tentu sangat bermanfaat sekali untuk rekan-rekan di sektor riil maupun juga di sektor jasa keuangan,” kata dia.

Bambang menyebutkan, pergerakan ini dilihat dari beberapa aspek makro dan ekonomi juga sudah on the track menunjukkan pemulihan termasuk juga di sektor Jasa Keuangan. Di sektor perbankan sendiri dari sisi aset, kemudian juga dari sisi kredit maupun juga dari sisi
Dana Pihak Ketiga (DPK).

BACA JUGA:  DPRD Tanggamus Gelar Rapat Paripurna Terkait Dua Ranperda

” Semuanya ini menunjukkan pertumbuhan yang positif, bahkan kalau mau dibandingkan dengan kondisi nasional.
Lampung ini termasuk yang lebih baik, aset kita bisa mencapai angka 13%. kemudian di DPK kita hampir menyamai 9,51%, tapi quarter-quarternya kita lebih baik 0,75%,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Bambang, di kredit juga mencatat pertumbuhan yang lebih baik 5,05%, dibanding nasional 2,47%, namun di sini memang melihat ada hal yang menarik khususnya di Lampung belum tentu terjadi di daerah lain.

BACA JUGA:  Satgas TMMD 110 Putussibau Tuntas Gambar Paud Al-Alwi

” Triwulan pertama ini kalau dilihat data kuarter ke kuarter ada penurunan di Lampung setelah dilihat dan cek data, ternyata lebih banyak itu disebabkan karena penurunan atau kontraksi penyaluran kredit ke Jasa perantara keuangan,” terangnya.

Masih disampaikannya, di Lampung ini termasuk cukup unik, karena permintaan kredit luar biasa, sangat tinggi, kalau dilihat LDR. LDR itu sendiri adalah rasio antara pembiayaan atau penyaluran kredit terhadap pendanaan.

” Pendanaan ini biasanya adalah bersumber dari dana pihak ketiga, kalau dilihat normal kisarannya 90%, tapi di Lampung ini cukup besar, konvensional, bahkan lebih dari 150%. Untuk itu, di triwulan satu ini kalau secara agregat tumbuh cukup baik lebih tinggi dari nasional,” kata dia lagi.

BACA JUGA:  Gubernur Lampung : “Penerima Raskin Harus Tepat Sasaran”.

Kemudian masih Bambang menambahkan, ada yang menarik juga di sektor perbankan ini adalah terkait dengan UMKM ini bisa dilakukan untuk kredit UMKM juga menunjukkan peningkatan yang luar biasa bila dilihat di data year over year (yoy).

” Ini peningkatannya sampai 2 digit, bahkan sampai ke angka 20 21,62% meningkat dari 20,77 triliun 2021 ini menjadi 25,26 triliun pada posisi triwulan 1 2022. Dan kita lihat juga ini menjadi isu, baik itu pemerintah, juga dari Bank Indonesia termasuk juga di otoritas Jasa Keuangan,” tandasnya. (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Brigif 4 Marinir/BS dan Polda Lampung Bersama Dalam Tour Presisi Lampung

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke 76 yang jatuh pada tanggal 1 …