Sabtu , Juli 2 2022
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / Pemeliharaan Rutin di Jalur Wisata Pesisir Pesawaran Terus Berlanjut

Pemeliharaan Rutin di Jalur Wisata Pesisir Pesawaran Terus Berlanjut

LAMPUNG1.COM, Pesawaran-Dinas Bina Marga dan Konstruksi (BMK) melalui UPTD Wilayah I Dinas BMK Provinsi Lampung kembalikan fungsional akses jalan provinsi melalui pemeliharaan rutin terus berlanjut sejak dua minggu usai lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Kepala UPTD Wilayah I Dinas Bina Marga dan Konstruksi (Dinas BMK) Provinsi Lampung, Antoni mengatakan, perbaikan jalan tersebut terus berlanjut disejumlah titik agar jalan kembali fungsional, dan tidak terputus yang saat ini ditangani pemeliharaannya.

” Dengan melihat kondisi kerusakannya, jika rusak berat itu dikembalikan ke Dinas Bina Marga dan Konstruksi (Dinas BMK) Provinsi Lampung, ditenderkan dan dikerjakan oleh kontraktor,” jelas Antoni di dampingi Neni Sumardi Koordinator Pelaksana UPTD Wilayah I Dinas Bina Marga dan Konstruksi (Dinas BMK) Provinsi Lampung, kepada Wartawan lampung1.com, Sabtu (21/05/2022).

Menurutnya, saat ini fokus pada pemeliharaan rutin jalan di wilayah Pesisir Kecamatan Teluk Pandan, sebelumnya menangani pemeliharaan rutin di sejumlah titik di Jalan RE. Martadinata, Teluk betung, Bandar Lampung.

BACA JUGA:  Kasdim Ingatkan Satgas Untuk Cek Peralatan di Lokasi TMMD

” Karena itu kita menangani jalan rusak ringan agar tidak terputus. Artinya fungsional, bukan penanganan kategori rehab ataupun pembangunan. Pekerjaan ini adalah pemeliharaan rutin, karena keterbatasan anggaran itu tadi kita hanya menangani kerusakan-kerusakan ringan,” ujar Antoni.

Lebih dari itu, Antoni juga menjelaskan, pemeliharaan rutin ini bertujuan mengembalikan fungsi jalan dengan tingkat kerusakan tidak terlalu berat (ringan, red) khusus di wilayah satu (1) yakni Pesawaran, Pringsewu dan Bandarlampung. Kalau rusak berat itu melalui tender (kontrak, red) salah satu contoh seperti jembatan Waygebang.

” Itu sudah melalui proses tender yang saat ini mulai dikerjakan, begitu juga jalan Provinsi sepanjang 2 kilometer dari pintu masuk tugu gapura di Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Teluk Pandan, dan jalan sepanjang 2 km ke arah Brigif 4 Marinir/BS.

BACA JUGA:  Pelaku Perampokan Tembak Mati Karyawan BRI Link Di Lampung Timur

” Itu rusak berat jalan Provinsi sepanjang 2 Km yang berada di Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Teluk Pandan, dan jalan sepanjang 2 km ke arah Brigif 4 Marinir/BS,” kata dia lagi.

Antoni menambahkan, saat ini masih dalam tahap proses lelang dan hanya menangani kerusakan-kerusakan ringan.

” Jadi, kita saat ini fokus pada pemeliharaan rutin jalan di jalur Pesisir Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran,” tandasnya.

Sementara itu, salah petugas dilapangan, Suharto, menjelaskan, saat ini pekerjaan dipersiapkan semua untuk pekerjaan menggali lubang, pemerataan jalan bergelombang, kemudian penimbunan, hamparan, terakhir pengaspalan.

” Karena itu, kita persiapkan semua dilapangan bersama rekan-rekan baik secara teknis pekerjaan dilapangan maupun pengendalian kendaraan yang melintasi dengan tetap rambu lalulintas terpasang,” jelasnya.

BACA JUGA:  Lagi Dorong Motor Malah Di Ciduk Polisi

Suharto menambahkan, jadi saat ini mulai pekerjaan penggalian, pemadatan awal sambil berjalan waktu secara alami jalan padat oleh kendaraan itu sendiri yang melintasi.

” Kemudian, kita rapihkan kembali baru di hotmik,” tambah Suharto didampingi Edi, selaku pembantu pelaksana pekerjaan pemeliharaan jalan Wilayah I UPTD Dinas Bina Marga dan Konstruksi Provinsi Lampung.

Pantauan dilapangan, sepanjang jalur pesisir Telukbetung, Bandarlampung menuju wisata Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran dibawah pengawasan UPTD Wilayah I Dinas BMK Provinsi Lampung terus berlanjut.

Terlihat sepanjang jalan RE. Martadinata, Telukbetung, Bandarlampung kembali berfungsi normal dari kerusakan, kini pemeliharaan rutin berlanjut di jalur wisata pesisir Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, kondisi arus lalulintas berjalan normal meski adanya pemeliharaan jalan. (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Brigif 4 Marinir/BS dan Polda Lampung Bersama Dalam Tour Presisi Lampung

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke 76 yang jatuh pada tanggal 1 …