Minggu , Juli 17 2022
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / Desa Antikorupsi, Bupati Dendi Apresiasi KPK RI Bimtek Desa Hanura

Desa Antikorupsi, Bupati Dendi Apresiasi KPK RI Bimtek Desa Hanura

LAMPUNG1.COM, Pesawaran-Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona memberi apresiasi kepada KPK RI melakukan bimbingan Teknis (bimtek) dan sosialisasi desa antikorupsi selama tiga hari (14-16) di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Bimtek ini dilaksanakan tindaklanjut Desa Hanura menjadi percontohan Desa Antikorupsi dari 10 desa se-Indonesia, menghadirkan narasumber dari Tim KPK RI beserta Tim Kementerian Desa PDTT, dan Kemendagri RI.

” Alhamdulillah, program desa antikorupsi masuk di Provinsi Lampung, masuk di Kabupaten Pesawaran, walaupun tidak menjadi tuan rumah, tapi saya yakin kita bisa bersama untuk kemajuan, dimulai dari pencegahan korupsi dalam integritas desa kita ini,” ujar Dendi.

Dendi melanjutkan bersama pemerintah daerah segenap perwakilan masyarakat Kabupaten Pesawaran mengucapkan terimakasih kepada jajaran KPK RI yang sudah mempercayai Kabupaten Pesawaran, Desa Hanura sebagai lokus atau tempat (project) program desa antikorupsi di wilayah Sumatera.

BACA JUGA:  Masyarakat Lampung Sebagian Besar Petani, Jika Arinal-Nunik Mimpin Kartu Tani Berjaya Akan Berlaku

” Tentunya, ini suatu kebanggaan dan rasa terimakasih ditunjuk dan wujud nyata kami didapat desa ini, sehingga Desa Hanura dikunjungi KPK RI menjadi Desa percontohan, dan masuk kategori smart village, juga sebagai desa terbaik tingkat regional Sumatera dalam Lomba Desa,” jelas Bupati Pesawaran.

Karena itu juga sambung Dendi, hal ini masuk didalam berbagai penilaian indikator dari seluruh elemen Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka dari itu akan diteruskan sampai ke seluruh desa dengan teknis yang akan diturunkan adalah suasana, juga budaya kepada masyarakat.

” Saya menilai program ini cukup berhasil dalam pencegahan korupsi, tidak lagi dari atas sampai ke bawah, namun KPK RI sudah mulai membalikkan program ini, dari lapisan elemen masyarakat yang paling bawah sampai ke level paling atas, jadi kami sangat mengapresiasi KPK RI,” ucap Bupati Pesawaran.

BACA JUGA:  Dukungan Orang tua Membawa Ferdiansah Raih Juara Catur

Tidak itu saja, lanjut Dendi, tentunya ini menjadi penyemangat bagi seluruh desa-desa, selain Desa Hanura juga desa-desa lainnya di Kabupaten Pesawaran, serta seluruh pelosok desa di Provinsi Lampung, ditetapkannya Desa Hanura sebagai percontohan desa antikorupsi.

” Melalui tema Bimtek “Guwai Ngewujudko Pemekhintah Khik Masyarakat Desa Si Berintegritas Mit arah Desa Antikorupsi”. Ini budaya kami dalam artian Keinginan mewujudkan pemerintah dan masyarakat desa yang berintegritas menuju arah desa antikorupsi,” ujar Bupati Pesawaran.

Karena itu pula, masih disampaikan Dendi, masyarakat desa juga perlu prosesi pemahaman korupsi itu bagi penilaian masyarakat itu beda-beda, tapi bukan saja penilaian materi, namun kategori korupsi lainnya pun masih banyak yang harus dipahami oleh masyarakat.

” Maka diperlukan bimbingan teknis (bimtek) karena penilaian masyarakat tentang korupsi itu berupa materi (uang).
Dari bimtek ini juga bukan yang dipahami korupsi berupa materi (uang) tetapi mungkin dari perencanaan, dari regulasi dan lain-lain,” ucap Dendi.

BACA JUGA:  TNI Kodim 0818 Malang-Batu Beri Bantuan Pipa Sepanjang 1.150 Meter Untuk Atasi Kesulitan Air Bersih Warga Desa Kedungsalam

Selain dari itu, Dendi juga berharap harus bisa terwujud desa antikorupsi ini di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung pada umumnya, melalui bimtek yang digelar selama dua hari ini dan satu harinya di tanggal 16 Juni 2022 ada tambahan program keluarga integritas.
Program desa antikorupsi ini harus bisa mendongkrak pemahaman masyarakat melalui bimbingan teknis ini.

” Saya yakin Desa Hanura untuk Provinsi Lampung, Hanura untuk Kabupaten Pesawaran, selain itu juga terimakasih kepada Kementerian Desa PDTT, Menteri Dalam Negeri, inspektorat desa, dan pembina desa agar selalu bersinergi dan tepat guna menjalankan program dari kementerian, provinsi sampai dengan desa,” tandas Dendi. (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Palakhar Paspers Brigif 4 Marinir/BS Hadiri Upacara HUT Ke-15 Kabupaten Pesawaran

LAMPUNG1.COM, Pesawaran-Perwira Pelaksana Harian (Palakhar) Pewira Staf Personel (Paspers) Brigif 4 Marinir/BS Mayor Marinir Siswanto …