Minggu , Juli 17 2022
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / Dikerjasamakan Dishub, Retribusi Tepi Jalan Dikelola Desa Batumenyan

Dikerjasamakan Dishub, Retribusi Tepi Jalan Dikelola Desa Batumenyan

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN- Untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pesawaran di kawasan wisata, salah satunya Dinas Perhubungan setempat mempercayai pemerintah desa kelola retribusi jasa usaha dan tepi jalan di kawasan wisata bahari Desa Batumenyan, Kecamatan Teluk Pandan.

” Ya, kendaraan yang masuk kami kenai retribusi sesuai Perda Kabupaten Pesawaran Nomor 2 Tahun 2012 tentang Jasa Usaha, dan Peraturan Bupati Nomor 3 Tahun 2018 tentang Tarif Retribusi Tepi Jalan yang sudah berjalan dua minggu ini,” jelas Kepala Desa Batumenyan, Sahruji saat memantau penarikan retribusi tersebut, Minggu (19/06/2022).

Menurutnya, retribusi tersebut dikelola oleh aparatur desa dibawah naungan Pemerintah Desa Batumenyan, termasuk retribusi lahan parkir milik warga Desa Batumenyan, serta retribusi kapal wisata yang akan berlayar antar pulau melalui jalur ketapang, Desa Batumenyan, juga retribusi tempat wisata Pantai.

BACA JUGA:  Bawa Narkoba, Sopir Ini Berusaha Kabur Dari Kejaran Polisi

” Kalau retribusi kendaraan bervariasi bagi kendaraan yang masuk sesuai Perda tersebut, untuk motor atau Roda Tiga dikenakan Rp 2.000/kendaraan, Truk/bus Rp 4.000/bus/truck, Kendaraan pribadi jenis sedan, jeep, minibus dikenakan Rp3000/kendaraan. Itu ditarik setiap kendaraan masuk dan hasilnya disetorkan ke Kasda Pemda setiap hari senin,” ujar Sahruji.

Sedangkan, sambung Sahruji, kendaraan yang parkir di lahan milik pribadi masyarakat dikenakan Rp20.000/mobil, Rp 15.000 untuk pemilik lahan dan Rp5.000 setor Pemdes Batumenyan, lalu untuk Pokdarwis retribusi penarikan ke para nakhoda kapal, termasuk adanya Pokdarwas.

” Semua retribusi itu kami tarik sesuai yang dikelola untuk desa berdasarkan Peraturan Desa (Perdes) dan Perda serta Perbup sehingga desa mendapatkan PAD, kabupaten pun sama dari pengelola potensi yang ada di Desa Batumenyan ini,” kata dia lagi.

BACA JUGA:  Zainudin Hasan Distribusikan Raskin untuk 799.894 Rakyat Miskin di Lamsel

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan dan kerjasama Sekretariat Pemkab Pesawaran, Fajar, menjelaskan, retribusi kendaraan masuk di kawasan wisata, maupun retribusi wisata itu hasil kerjasama dengan dinas masing-masing, namun demikian pula untuk mengoptimalkan PAD Kabupaten Pesawaran.

” Ya, benar penarikan retribusi tersebut hasil kerjasama dinas masing-masing dengan desa yang kita fasilitasi MoU nya sehingga berjalan sesuai Perda dan Perbup dari retribusi jasa usaha maupun retribusi tepi jalan, termasuk retribusi pengelolaan desa wisata,” jelasnya kepada wartawan lampung1.com, Minggu (19/06/2022).

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran, Ahmad Syafei menyampaikan, guna mengoptimalkan PAD Kabupaten Pesawaran di kawasan wisata sustainable tourism. Pemkab saat ini tengah godok regulasi kerjasama ke Camat dan Desa.

BACA JUGA:  Obati Rindu Keluarga, Personel TNI Kodim 0703 Cilacap Ajak Bermain Anak-Anak Desa Cilibang

” Termasuk rescue (keselamatan berwisata), logistik, sampah wisata, dan penambahan personil, juga pengaturan lalulintas. Itu semua lagi di bangun MoU nya, juga sedang diatur oleh bagian hukum kalau sudah selesai baru kita terapkan,” jelasnya.

Ahmad Syafei menambahkan, tidak hanya dinas perhubungan saja yang mobile, disitu ada BPBD, petugas dinas kesehatan, pariwisata, Polres, Pol Airud, TNI-AL Lanal Lampung, Shabandar, TNI AD, dan Brigif 4 Marinir.

” Untuk itu, kita lagi benahi juga, dan akan kita tambahkan personil di Dishub, dan Dinas Lingkungan Hidup terkait sampahnya, nantinya akan melibatkan semua stekholder bekerja keras agar terwujudnya target PAD tersebut, sebagaimana harapan pak Bupati,” tandasnya. (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Palakhar Paspers Brigif 4 Marinir/BS Hadiri Upacara HUT Ke-15 Kabupaten Pesawaran

LAMPUNG1.COM, Pesawaran-Perwira Pelaksana Harian (Palakhar) Pewira Staf Personel (Paspers) Brigif 4 Marinir/BS Mayor Marinir Siswanto …