Minggu , Juli 17 2022
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / KPK RI Kawal Desa Hanura Menjadi Desa Antikorupsi

KPK RI Kawal Desa Hanura Menjadi Desa Antikorupsi

LAMPUNG1.COM, Pesawaran-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI terus mengawal Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran di Provinsi Lampung sebagai lokus desa antikorupsi, melalui bimbingan teknis (Bimtek) yang digelar memasuki hari kedua pada Rabu (15/06/2022).

Tim Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Frismon Wongso, menegaskan, dari 5 indikator dan 18 sub dipenuhi, juga dari perbaikan sistem yang ada, sampai dengan kearifan lokal bisa dipenuhi di desa, terkait dengan hal-hal berbau antikorupsi yang menjadi atensi pemberantasan antikorupsi berangkat dari desa.

” Tetapi bagaimana melakukan bimbingan kepada desa itu dengan perbaikan sistem yang ada mewujudkan masyarakat yang demokratis, mandiri, sejahtera dan terciptanya pemerintahan desa bersih, transparan, dan bertanggung jawab” ujar Frismon.

BACA JUGA:  Di Lampung Timur, Kunci Letter T, Digunakan Mencuri TV

Ia juga menyebutkan, adapun dari 5 indikator tersebut meliputi penguatan tatalaksana pemerintahan, penguatan pelaksanaan, penguatan pelayanan publik, partisipasi masyarakat, dan kearifan lokal dalam mendukung upaya pemberantasan korupsi.

” Dari 5 indikator itu sudah dimiliki Desa Hanura seperti website Desa Hanura sudah mencantumkan keterbukaan informasi publik terhadap penggunaan dana desa dan sebagainya,” katanya.

Selain itu juga, sambung Frismon, ada dukungan dari masyarakat, sampai dengan prilaku kearifan lokal yang ada itu menjadi atensi pemberantasan antikorupsi berangkat dari desa.

BACA JUGA:  Pasi Ops Kodim 0703 Cilacap Ajak Warga Bersihkan Balai Desa dan Menikmati Seblak

” Sehingga Desa Hanura kedepannya menjadi desa pertama memberi contoh kepada desa-desa lainnya di Kabupaten Pesawaran, khusus Provinsi Lampung, tentunya terus berupaya menjadi contoh sebagai desa antikorupsi,” ujarnya.

Lebih lanjut Tim Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI mengungkapkan, di tahun 2022 KPK RI tetapkan 10 Provinsi yang menjadi desa percontohan, sedangkan tahun 2021 pertama kali dicanangkan di Indonesia adalah desa Panggungharjo, Sewon, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

” 24 desa tahun depan (Tahun 2023, red), kita harapkan empat sampai lima tahun kedepan 74.962 desa se-Indonesia bisa menjadi desa antikorupsi. Hal ini berdasarkan hasil penilaian dari konsultan untuk memilih desa yang menjadi desa percontohan,” ungkapnya.

BACA JUGA:  150 Vaksin Di Terima Oleh Kepala UPTD Puskesmas Dayamurni

Frismon menambahkan, kebetulan dari konsultan mengarahkan Desa Hanura, Pesawaran, Lampung, yang tadinya ada 4 desa disini. Dari 4 desa itu terpilih Desa Hanura.

” Itu sudah kita sampaikan pada waktu acara observasi ada 5 indikator diminta setiap desa yang menjadi percontohan untuk memenuhi, kebetulan di Provinsi Lampung, adanya di Kabupaten Pesawaran, Desa Hanura,” pungkasnya. (Wahyudin).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Palakhar Paspers Brigif 4 Marinir/BS Hadiri Upacara HUT Ke-15 Kabupaten Pesawaran

LAMPUNG1.COM, Pesawaran-Perwira Pelaksana Harian (Palakhar) Pewira Staf Personel (Paspers) Brigif 4 Marinir/BS Mayor Marinir Siswanto …