Minggu , Juli 17 2022
Home / Ruwa Jurai / Pringsewu / Peluncuran Tahapan Pemilu dan Pilkada 2024 KPU Pringsewu Secara Virtual

Peluncuran Tahapan Pemilu dan Pilkada 2024 KPU Pringsewu Secara Virtual

LAMPUNG.COM, Pringsewu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pringsewu mengikuti kegiatan Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 bersama KPU pusat secara virtual, di aula KPU setempat, Selasa (14/6/2022) malam.

Usai giat ketua KPU Pringsewu Hi. Sofyan Akbar Budiman,M.Pd katakan dengan telah resmi Peluncuran Tahapan Pemilu dan Pilkada 2024 telah siap.
“Secara kesiapan kami telah siap menjalankannya, memang regulasi itu dari pusat sehingga kita mengikuti saja dan termasuk juga untuk Pemilu, anggaran dari pusat lalu turun ke Provinsi dan Kabupaten. Kami akan laksanakan apapun kegiatan sesuai tahapan yang ada. Kami juga menyiapkan SDM juga antisipasi yang berkaitan dengan tahapan itu karena tahapan itu panjang sampai 20 bulan kedepan dan untuk tahun ni sudah beberapa tahapan yang dimulai seperti pendaftaran partai politik dan verivikasi nya dan juga pemutahiran data pemilih,” ujarnya.

BACA JUGA:  Walikota Pantau Banjir Di Kota Metro

Diteruskanya. “Sementara untuk anggaran Pilkada kita diminta untuk membuat rancangan anggaranya dan itu kami sudah sampaikan atau ajukan Rancangan Anggaranya sebesar 30 milyar ke Pemkab Pringsewu dan nanti akan dibahas oleh tim anggaran dari pemerintah daerah,” terangnya.

“Untuk tahapan awal adalah masa pendaftaran partai politik lalu verifikasi, waktunya mulai Juli sampai Desember 2022. KPU akan lakukan verifikasi administrasi dan faktual sampai tingkat kecamatan. Tujuannya untuk mengetahui secara riil keberadaan partai politik sebagai peserta pemilu.
Kemudian sistem informasi partai politik (sipol) nantinya setiap partai politik harus mengunggah KTA dan KTP kader parpol berbeda dengan dulu yang hanya KTA saja. KPU juga akan rutin rekapitulasi pemilih kelanjutan tiap tiga bulan sekali, sebagai bentuk pemutahiran pemilih dan parpol bisa terus pantau jumlah pemilih, untuk petugas KPPS juga dibatasi usianya maksimal 50 tahun,” terangnya.
Sofyan juga harapkn untuk partai politik dan dewan paling tidak menyiapkan SDM nya terutama nanti untuk menginput ke sistem partai politik ( sipol ) itu yang nanti akan mempermudah verifikasi ditingkat bawah. Dan juga untuk calon-calon ini diharapkan mematuhi peraturan-peraturan yang ada baik dalam kampanye dan juga jangan melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan dan kita sama – sama mensukseskan Pemilu dan Pilkada 2024 ini. tutupnya.(Adi)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Palakhar Paspers Brigif 4 Marinir/BS Hadiri Upacara HUT Ke-15 Kabupaten Pesawaran

LAMPUNG1.COM, Pesawaran-Perwira Pelaksana Harian (Palakhar) Pewira Staf Personel (Paspers) Brigif 4 Marinir/BS Mayor Marinir Siswanto …