Sabtu , Juli 2 2022
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / Silaturahmi di Mahan Agung, Gubernur Arinal Ajak Seluruh Komponen Daerah Jaga Iklim Kondusif Menghadapi Tahun Politik 2024

Silaturahmi di Mahan Agung, Gubernur Arinal Ajak Seluruh Komponen Daerah Jaga Iklim Kondusif Menghadapi Tahun Politik 2024

LAMPUNG1.COM,BANDAR LAMPUNG —– Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak seluruh komponen di daerah Lampung menjaga iklim kondusif menghadapi tahun politik di 2024 yaitu penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak.

Hal tersebut disampaikan Gubernur terkait pemikiran yang berkenaan dengan tugasnya dalam acara Silaturahmi Forkopimda, pimpinan partai politik, KPU, Bawaslu, FKDM dan pimpinan media massa di Mahan Agung, Rabu (22/6/2022).

Gubernur Arinal menyampaikan, tugas dari Gubernur adalah Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat dalam pelaksanaan otonomi daerah di Kabupaten/Kota memiliki fungsi pembinaan, pengawasan dan koordinasi urusan otonomi di daerah serta tugas pembantuan sesuai dnegan Pasal 38 ayat 1.

BACA JUGA:  Penutupan Bahu Jalan TMMD Reguler Banyumas Terus Dilakukan

Selanjutnya, sebagai Wakil Pemerintah Pusat di daerah, Gubernur juga memiliki fungsi untuk mengadakan pengawasan dan pengoordinasian pada penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Kabupaten/Kota.

Ia juga menambahkan, Gubernur mempunyai kewajiban untuk memberikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada Pemerintah Pusat dan memberikan laporan keterangan pertanggung jawaban kepada DPRD serta menginformasikan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah kepada masyarakat.

Gubnernur Arinal mengimbau kepada para pimpinan partai politik untuk mampu menjaga kesabaran dan pengendalian diri serta tidak melakukan langkah-langkah politik yang memanaskan situasi politik.

“Sebaliknya mematuhi imbauan positif yang dilontarkan penyelenggara pemilu yakni menjaga kondusifitas dan ketertiban di masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA:  Sejak Awal Ramadan, Relawan Ridho Bagikan Santap Sahur Gratis

Selain itu ia juga mengimbau kepada Forkopimda untuk tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing dengan sebaik-sebaiknya.

Kepada KPU dan Bawaslu, Gubernur mengimbau agar besungguh-sungguh sebagai penyelenggara Pemilu dan Pilkada Serentak Nasional serta teguh dan konsisten melaksanakan tahapan Pemilu dan Pilkada berdasarkan UU dan PKPU.

“KPU dan Bawaslu harus menjaga sikap dan menjunjung tinggu netralitas, kesetaraan dan keadilan dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian Pemilu dan Pilkada serentak 2024 betul-betul berjalan dengan Luber, langsung, umum, bebas, rahasia dan Jurdil: jujur dan adil,” tegas Gubernur Arinal.

BACA JUGA:  Patuhi Prokes, Dandim Juga Ingatkan Penempatan Tempat Cuci Tangan di Sejumlah Titik Pekerjaan TMMD

Ia juga meminta kepada FKDM sebagai unsur masyarakat untuk betul-betul memberikan perhatian penuh dan kewaspadaan terhadap proses penyelenggraan pesta demokrasi dengan sungguh-sungguh sehingga terbangun suasana yang tertib, aman, penuh etika dan penuh kedamaian.

Gubernur Arinal juga mengimbau pimpinan media massa dan organisasi kewartawanan yang hadir untuk melaksanakan tugas masing-masing sesuai azas-azas pemberitaan yang memenuhi rasa keadilan, objektif dan berimbang.

Ia mengajak kepada seluruh komponen bangsa terkait untuk menumbuhkan kesadaran bersama demi memelihara iklim dan kondisi yang kondusif.

“Namun tetap terjaga dalam ruang yang dinamis, kompetisi sehat dan demokratis,” pungkasnya.(red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

KORMI Lampung Sabet Medali Emas Perdana Pada Formas di Palembang

LAMPUNG1.COM, Palembang – Kontingen Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Lampung cabang olahraga yoga kategori …