Kota Bandar Lampung Olahraga Peristiwa Ruwa Jurai

Delapan Cabor Pasti Dipertandingkan, Riau Usulkan Tiga Cabor Baru di Porwil

LAMPUNG1.COM, Bandarlampung – Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI, Sumatera tahun 2023 sudah mendapat kepastian tuan rumah, dimana Provinsi Riau ditunjuk menjadi pelaksana pesta olahraga sebagai representasi prakualifikasi PON khusus untuk wilayah Sumatera itu.
Sebelumnya, soal tuan rumah Porwil masih belum jelas menyusul dua daerah di Sumatera yang menjadi tuan rumah PON tidak berkenan menyelenggarakannya, yakni Sumatera Utara dan Aceh.

Kemudian dikabarkan Jambi dan Sumatera Selatan juga disinyalir akan menjadi tuan rumah, dan ternyata tidak jadi.

Kepastian Riau sebagai tuan rumah tinggal menunggu turunnya SK dari KONI Pusat. Prosesnya memang cukup ketat, dimana akhirnya Kadispora Provinsi Riau akhirnya setuju untuk mendukung tuan rumah Porwil di daerahnya tentunya dengan konsekuensi penganggaran untuk multy event tersebut.

Dirilis dari haluanriau.co, edisi 27 Februari 2023 bahwa dari hasil pertemuan dengan KONI Pusat, setelah menetapkan Riau sebagai tuan rumah juga telah ditetapkan cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan yakni 8 Cabor.

Ketua Umum KONI Riau, Iskandar Hoesin, mengatakan, KONI Pusat memastikan sudah ada 8 cabor yang akan di pertandingkan diajang Porwil Sumatera 2023 yakni Renang, Atletik, Bola voli, Sepak Takraw, Sepak bola, Panjat Tebing, Catur dan Pencak silat.
“Yang delapan itu sudah pasti. Kempo masuk daftar tapi nunggu putusan Pengurus Besar (PB), masing-masing cabor juga hadir. Makanya 8 cabor itu sudah kita pastikan dipertandingkan di Porwil. Tinggal nunggu Kempo,” ujar Iskandar Hoesin, Senin (27/2).

BACA JUGA:  Pangkalan Lanud M. Bun Yamin Sebagai Pusat Latihan Gabungan

Selain itu, Riau sebagai tuan rumah mengusulkan cabor lain selain Kempo yakni Panahan dan Taekwondo.

Menunggu SK
Dijelaskan Iskandar Hoesin, untuk cabor tambahan akan dibahas kembali, karena biasanya ada 11 cabor dipertandingkan di Porwil yang menjadi ajang babak kualifikasi PON 2024.

Menurutnya, Porwil menjadi keuntungan bagi tim Sumatera, karena tidak harus bersaing dengan atlet di luar Sumatera lebih dahulu dalam kualiikasi PON.
“Pada rapat Kamis pekan lalu itu, diputuskan Riau menjadi tuan rumah Porwil 2023. Namun kita menunggu untuk salinan putusan dari KONI pusat dan akan segera dikirim KONI Pusat. Tuan rumah Insha Allah, sudah pasti, dari rapat kemarin juga mutusin itu. Surat putusan segera dikirim karena pak ketua umum (KONI Pusat red), saat rapat itu sedang di Papua,” kata Iskandar Hoesin.

Sementara itu, Kadispora Riau, Boby Rahmat, mengatakan, pada prinsipnya Pemprov Riau mendukung KONI mengajukan sebagai tuan Rumah Porwil. Namun ada prosedur yang harus disiapkan semacam surat resminya. Jika sudah didapat, maka pihaknya bersama stakholder lainnya, akan menyiapkan anggaran sesuai dengan pengajuan dari KONI Riau.
“Kemarin saya menerima informasi dari pak Ketua KONI Riau, peluang kita jadi tuan rumah itu besar. Karena kita juga dari Provinsi Riu mendukung kalau kita menjadi tuan rumah, tetapi segala persyaratan untuk tuan rumah itu harus kita lengkapi. Jangan sampai nanti kita jadi tuan rumah tidak ada penunjukannya. Ini sedang kita minta kepada KONI SK penunjukannya tuan rumah Porwil. Kita menunggu legalitasnya saja,” kata Boby Rahmat.

BACA JUGA:  Meriahkan Hari Kemerdekaan ke- 74, Desa Sukajaya Lempasing Gelar Turnamen Bola Kaki U-40 Keatas

Sambut Baik

Sementara itu ketua Umum Asprov PSSI Lampung, Edy Samsu menyambut baik penetapan tuan rumah Porwil Sumatera di Riau dan pihaknya akan segera menyiapkan tim untuk bersaing di Riau pada September 2023.
“Ya memang kami harus segera melakukan persiapan yang matang dan fokus, mengingat target kita kan lolos PON Sumut-Aceh. Dengan kabar kepastian tuan rumah dan waktu pelaksanaannya ini, maka kami segera lakukan kerja keras untuk lolos,” kata Edy Selasa 28 Februari 2023.
Pada Porwil Bengkulu 2019, PSSI Lampung gagal total, dari empat kali pertandingan, mengalami empat kekalahan. “Ini tidak boleh terulang. Kita harus lolos,” Tambahnya.

BACA JUGA:  Putus Rantai, Satgas TMMD Bojonegoro Bantu Perbaiki Motor Warga

Sedangkan dari cabang olahraga Panahan, Ketua Perpani Lampung, Fahrurozi mendukung dipertandingkannya Cabor Panahan di Porwil. “Bagus itu. Kami sangat mendukung. Karena saat ini persaingan Panahan secara nasional sudah sangat merata. Dan kami berharap bisa melakukan hal terbaik untuk lolos ke PON melalui Porwil Sumatera ini,”kata Fahrurozi, kepada media ini Selasa 28 Pebruari 2023.

Fahrurozi mengatakan bahwa secara kesiapan, Lampung sudah melakukan berbagai pertandingan baik dalam Sirkuit Panahan maupun yang terbaru yaitu Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung.
“Kami sudah memulai bersiap untuk pra PON atau Porwil dengan berbagai kegiatan. Terakhir Porprov kemarin, akhir tahun 2022. Dan kabar baiknya sudah muncul juga beberapa atlet berbakat, yang sangat mungkin untuk bisa kami terjunkan di Porwil kelak. Prinsipnya kami sangat senang jika Panahan dipertandingkan di Porwil,” tambah anggota DPRD Provinsi Lampung dari partai Gerindra ini. (don)

Loading