Kota Bandar Lampung Nasional Pemerintahan Peristiwa Ruwa Jurai

Dua Kabupaten di Provinsi Lampung Terima Penghargaan Adipura Dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI

LAMPUNG1.COM, Jakarta — Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menghadiri Acara Penghargaan Adipura 2022 bertempat di Auditorium Dr. Soejarwo Gedung Manggala Wanabakti, Selasa (28/02/2023).

Dua Kabupaten di Provinsi Lampung menerima Penghargaan Adipura 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kabupaten yang menerima penghargaan Adipura yaitu Kabupaten Way Kanan untuk kategori Plakat Adipura dan Kabupaten Lampung Barat untuk kategori Sertifikat Adipura.

Pemerintah Provinsi Lampung dalam hal ini memiliki kapasitas dalam bagian penilaian dan pembina sekaligus tim penilai bersama tim penilai pusat penghargaan Adipura dari kabupaten kota.

BACA JUGA:  PWI Tulang Bawang Gelar Rapat Perdana.

Lalu, sebagai bagian dari tim penilai Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto menyampaikan ucapan syukur atas penghargaan yang diterima di dua Kabupaten di Provinsi Lampung.

“Saat ini ada dua kabupaten dan dua kota yang diajukan dalam nominasi penghargaan Adipura dan Alhamdulillah dalam kabupaten yang menerima penghargaan Adipura 2022 yaitu Kabupaten Way Kanan untuk kategori Plakat Adipura dan Kabupaten Lampung Barat untuk kategori Sertifikat Adipura.” Ucapnya.

BACA JUGA:  Jalan Licin dan Berlumpur Tantangan Tersendiri Bagi Satgas TMMD 107 Kodim Kudus

Sekdaprov berharap, penghargaan yang diterima ini dapat menjadi pemacu seluruh kabupaten lain untuk meningkatkan pengelolaan sampah di daerahnya menjadi lebih baik lagi.

“Kami berharap dengan penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk seluruh 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung untuk membina pengelolaan sampah di daerahnya menjadi lebih baik lagi sehingga dapat ikut serta dalam penghargaan Adipura selanjutnya.” lanjutnya.

Penilaian Adipura tahun ini dilakukan terhadap 258 kabupaten/kota atau 50,2 persen dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia.

BACA JUGA:  Masyarakat Desa Ngepoh Sebentar Lagi Miliki MCK Umum

Penilaian Adipura juga dijalankan dengan mengedepankan kaidah good governance, yakni proses monitoring dan evaluasi secara obyektif sesuai dengan peraturan serta kebijakan yang berlaku.

Penghargaan tertinggi Adipura Kencana, diraih oleh lima kabupaten/kota. Kemudian, penghargaan kategori Adipura diraih oleh 80 kabupaten/kota.

Empat kabupaten/kota juga meraih penghargaan kategori Plakat Adipura sebagai lokasi tematik dengan kondisi pengelolaan sampah terbaik. Sementara kategori Sertifikat Adipura diberikan kepada 61 kabupaten/kota karena dinilai memiliki upaya yang baik atas kinerja dalam pengelolaan sampah dari sumbernya. (Red)

Loading