Hukum Kriminal Kesehatan Nasional Pemerintahan Ruwa Jurai Way Kanan

Edarkan Sabu 111,54 Gram Diringkus Polres Way Kanan.

Lampung1.Com Way Kanan—Satresnarkoba Polres Way Kanan Polda Lampung meringkus pelaku diduga melakukan peredaran gelap narkotika bukan tanaman jenis sabu di Wilayah Kabupaten Way Kanan. Jum’at (25/08/2023).

Tersangka berinisial TD (53) berdomisili di Desa Negara Ratu Kecamatan Tegineneneng Kabupaten Pesawaran.

Kapolres Way Kanan AKBP Pratomo Widodo menjelaskan dari pelaku TD ini kami mengamankan barang bukti Narkotika jenis shabu dengan berat bruto 111,54 (Seratus sebelas koma lima puluh empat) gram.

Atas penangkapan pelaku TD beberapa hari lalu, kita masih kembangkan perkaranya, kami berharap semua pihak untuk dapat menunggu rilis dari kami dan mendukung proses pengembangan perkaranya.

Jangan justru membuat gaduh dan akan menyulitkan pengembangan perkaranya. Perlu di ketahui bahwa perkara narkoba adalah kejahatan transnasional dan merupakan kejahatan yang terorganisir dengan jaringan kejahatan yang sangat baik.

BACA JUGA:  DPRD Lampura Gelar Paripurna Bahas 5 Usul Raperda

Oleh karena itu kita selalu berhati – hati dalam pengembangan perkaranya. Saya memastikan akan kita ekspos setelah pengembangan perkara sudah maksimal.” Jelas Kapolres

Sementara Kasat Narkoba AKP Sigit Barazili menjelaskan penangkapan pelaku TD berawal pada hari Jumat tanggal 18 Agustus 2023 sekitar pukul 17.30 Wib, Polres Way Kanan mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa adanya peredaran gelap Narkotika golongan I bukan tanaman jenis sabu di wilayah hukum Polres Way Kanan.

Menindak lanjuti informasi tersebut Satresnarkoba Polres Way Kanan langsung melakukan penyelidikan.

Dari hasil penyelidikan tersebut telah berhasil mengamankan 1 (satu) orang laki-laki mengaku berinisial TD karena berdasarkan bukti permulaan yang cukup diduga telah melakukan Tindak Pidana Narkotika.

BACA JUGA:  Satuan Tugas TMMD Kodim Bojonegoro Membantu Pemblenderan Proses Pembuatan Jamu

Dimana pada saat akan dilakukan penangkapan di pinggir jalan depan SPBU di Baradatu TD berusaha melarikan diri dengan menggunakan kendaraan roda 4 (empat) Daihatsu Terios warna putih dengan menggunankan Nomor Polisi palsu BE 1432 YX tidak sesuai nomor rangka dan nomor mesin kendaraan tersebut.

Kemudian petugas melakukan pengejaran dan berhasil mengamankan pelaku di Dusun Talang Plastik Kampung Gunung Sangkaran Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan.

Setelah diamankan, kemudian dilakukan penggeledahan hasilnya ditemukan barang/benda yang diduga ada kaitanya dengan Tindak Pidana Narkotika di dalam kotak kardus yang bertuliskan IRC warna biru hijau yang didalamnya terdapat 4 (empat) bungkus plastik klip bening ukuran besar yang didalamnya berisikan kristal putih yang diduga narkotika jenis shabu yang disimpan di kursi belakang mobil Daihatsu TERIOS warna putih.

BACA JUGA:  Danrem 043/Gatam Tutup TMMD Ke-106 TA. 2019 Kodim 0422/Lampung Barat.

Selanjutnya terhadap TD beserta barang bukti dibawa ke Polres Way Kanan guna dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.

Apabila terbukti mengedarkan yang bersangkutan dapat dikenai dengan pasal 114 ayat (2) dan atau pasal 112 ayat (2) UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun,” Imbuh Kasat Narkoba. (Aszhari)

Loading