Home / Ruwa Jurai / 4 Ekor Kerbau di Menggala Mati Akibat Terjangkit PMK

4 Ekor Kerbau di Menggala Mati Akibat Terjangkit PMK

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang - Sebanyak 24 hewan ternak milik warga Menggala terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) 4 diantaranya mati, ke 24 ekor hewan ternak milik warga tersebut meliputi 16 ekor kerbau dan 8 ekor sapi. Kamis (4-8-2022).

Agus salah satu peternak yang terkena imbas PMK mengakibatkan kematian pada hewan mengatakan, hewan peliharaannya mati dengan ciri-ciri kuku pecah, mulut mengeluarkan busa dan kurang nafsu makan.

"Sudah dua pekan terakhir ini pak kerbau saya mengalami gejala PMK, tetapi saya baru menyadari bahwa ternak saya terjangkit PMK setelah salah satu hewan ternak mati dengan ciri-ciri terjangkit PMK," ucapnya.

"Upaya pengobatan sudah saya upayakan lakukan, mulai dari penyemprotan disinfektan diareal kandang dan juga memberikan obat-obatan tradisional," terangnya.

Sementara, kepala bidang peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten Tulangbawang Nasib Subagio menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pengecekan dibeberapa tempat lokasi hewan ternak yang terindikasi terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) serta melakukan pengambilan sempel dibeberapa hewan ternak yang terindikasi terkena wabah (PMK) untuk dilakukan uji laboratorium.

"Saya menghimbau kepada para peternak hewan untuk segera memisahkan hewan ternak yang terindikasi terkena wabah PMK agar tidak menular dengan hewan ternak lainnya," imbuhnya.(mad)

Visitor: 18