Home / Ruwa Jurai / Agen Travel Membangkang Perintah Dirjen Perhubungan Darat

Agen Travel Membangkang Perintah Dirjen Perhubungan Darat


 

Dikirim oleh Redaksi pada 2 Juli 2016


LAMPUNG1.COM, Lampung Selatan - Dalam kunjungannya ke terminal pelabuhan Bakauheni, Lampung. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bersitegang dengan agen travel. Pasalnya saat diperintah untuk segera berangkat mengantarkan penumpang ke terminal Rajabasa, agen travel membatah, dengan alasan kursi penumpang belum penuh alias kurang satu kursi yang belum terisi. Dirjen menegaskan kepada petugas agar segera menindak tegas agen dan calo nakal, demi kenyamanan para pemudik.


Dalam kunjungan Dirjen Hubdar Pudji Hartanto Iskandar di pelabuhan Bakauheni, dirinya menemukan adanya travel angkutan lebaran yang mengangkut penumpang melebihi kapasitas, saat ditanyakan langsung kepada penumpang, salah seorang penumpang mengatakan sudah 1 jam lebih menunggu di dalam kendaran, namun travel belum juga berangkat, padahal muatan sudah penuh.


Saat travel tersebut diperintah untuk segara berangkat, agen travel membantah, dan sempat bersitegang Dirjen Hubdar sekitar beberapa menit. Dirjen menyayangkan sikap agen travel yang membuat para penumpang terlalu lama menunggu di dalam tavel. Agen travel mengaku penumpang masih kurang satu orang.


Pudji Hartanto Iskandar mengatakan, travel di terminal pelabuhan Bakauheni masih diragukan kelayakannya. Dirinya juga menegaskan kepada petugas terminal maupun polisi agar melarang kendaran angkutan umum mengisi muatan berlebihan. Jika hal tersebut terjadi maka segera di tindak tegas dengan hukuman penjara.


Terhitung sejak sekarang, travel atau bus angkutan lebaran, maksimal dalam waktu 45 menit harus berangkat.


Selain meninjau terminal, Dirjen Hubdar juga menemui para penumpang kapal di areal peristirahatan. Pudji Hartanto meminta kepada pihak pelabuhan untuk menjamin kenyamanan dan kemanan kepada para pemudik diseluruh areal pelabuhan. (Pranata)

Visitor: 2050